Kadin Wonosobo berkolaborasi dengan Telkom untuk membantu pelaku UMKM lokal memanfaatkan teknologi digital agar bisa go international. (Foto: jatengprov.go.id)

Wonosobo, MNEWS.co.id – Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Wonosobo diminta untuk memanfaatkan teknologi digital dalam pengembangan bisnisnya. Dengan begitu, peluang mereka untuk menembus pasar internasional alias go international akan terbuka lebar.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat beberapa waktu lalu.

Afif menambahkan, upaya transformasi digital demi memajukan UMKM tersebut dapat dilakukan secara kolaboratif, seperti yang dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Wonosobo dengan PT Telkom Indonesia.

“Saya berterima kasih atas terjalinnya kolaborasi yang dilakukan Kadin Wonosobo dengan Telkom Indonesia demi kemajuan UMKM di Wonosobo,” kata Arif dalam keterangan tertulis yang dikutip MNEWS.co.id.

Menurut Arif, pemanfaatan aplikasi dan sistem informasi pemasaran digital menjadi solusi strategis dalam menjangkau pasar yang lebih luas, terlebih didukung dengan administrasi keuangan yang lebih tertata.

Sementara itu, Ketua Kadin Wonosobo Dwi Sukatman, menyampaikan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya guna mewujudkan UMKM yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat.

Menurutnya, dari 94 ribu UMKM di Indonesia, hanya 14 persen yang telah menerapkan digitalisasi sektor usaha. Hal itu disebabkan oleh permasalahan kompetensi serta permodalan yang rendah.

Karenanya, pihaknya berkomitmen memberikan pendampingan terhadap UMKM di Wonosobo, menuju marketplace yang lebih besar daripada saat ini.

“Kami akan menggenjot capaian angka tersebut untuk UMKM Wonosobo menuju go modern, go digital, dan go public,” jelasnya.