Yuk, Belajar Bisnis dari 5 Film Indonesia Berikut Ini
Ilustrasi. (Foto: Unsplash/JESHOOTS.COM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Mengelola bisnis pasti memiliki banyak tantangan dan tidak selalu mulus. Ini adalah hal yang wajar karena menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah. Ketika sudah mulai merasa jenuh, ada baiknya jika kita rehat sejenak, beristirahat sambil mengisi akhir pekan dengan hal-hal yang suka, seperti menonton film?

Agar dapat kembali membangkitkan semangat, kami memberikan 5 rekomendasi film Indonesia yang selain seru untuk ditonton, juga bercerita tentang tantangan yang dihadapi ketika merintis bisnis.

Belajar bisa dari mana saja. Belajar bisnis pun bisa juga dari film. Nah, ini dia 5 film Indonesia yang bisa jadi referensi berbisnis, terutama buat UMKM.

Cek Toko Sebelah (2016)

Sumber: StarvisionPlus

“Emang ya kalo berharap banyak, harus siap kecewa banyak.” 
(Koh Afuk, Cek Toko Sebelah)

Film ini menceritakan seorang tokoh bernama Erwin yang harus dihadapkan dengan pilihan melanjutkan karir yang sudah mapan atau meneruskan bisnis keluarga yang sudah berjalan. Cerita ini cukup berhubungan dengan anak muda yang diharuskan memilih mengejar karir atau meneruskan bisnis keluarga.

Hal yang bisa kita pelajari: 
Dengan menonton film CTS, secara tidak langsung kita bisa belajar soal opportunity cost dalam mengelola sebuah bisnis. Bagaimana mengelola risiko dan bagaimana kita mengambil keputusan untuk hal-hal sensitif yang berhubungan dengan keluarga. 

Filosofi Kopi (2015)

Sumber: Visinema Pictures

“Sama halnya dengan pahitnya rasa kopi. Pahitnya hidup itu sebenarnya bisa dinikmati tergantung bagaimana kita menyikapinya.”

Filosofi Kopi bercerita tentang perjuangan yang harus dilewati oleh Ben & Jody yang terbelit hutang ratusan juta rupiah yang mengancam usaha kopi yang sedang mereka jalankan serta menyelesaikan konflik yang terjadi akibat masalah ini.

Hal yang bisa kita pelajari: 
Di film ini, kita akan melihat bagaimana gambaran dalam mengelola sebuah kedai kopi. Dimulai dari pemilihan biji kopi, suasana di sebuah kedai kopi, interaksi antara karyawan dengan konsumen kedai kopi, hingga bagaimana mengelola cash flow atau arus keuangan sebuah kedai kopi.

Selain cerita yang sangat menarik untuk para pecinta kopi, lewat film ini kita juga bisa belajar bagaimana merintis bisnis sesuai passion bersama seorang sahabat dan mengelola berbagai konflik yang terjadi dalam membangun bisnis.

Milly & Mamet (2018)

Sumber: StarvisionPlus

Film bergenre komedi ini mengangkat kisah pasangan suami istri yang tengah disibukkan dengan mengurus bayi lucu mereka. Mamet yang memiliki passion memasak dan sempat bekerja sebagai seorang chef, kini harus bekerja di pabrik milik orangtua Milly untuk menghidupi keluarganya. Cerita semakin menarik ketika Mamet mulai merintis bisnis restoran yang ia impikan sejak lama. Sebuah konflik dengan pasangan dan permasalahan dalam bisnis bercampur menjadi satu.

Hal yang bisa kita pelajari: 
Dari film Milly & Mamet, kita bisa belajar bagaimana menyelesaikan permasalahan dengan pasangan (khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak), membangun bisnis sesuai passion dan saling menjaga kepercayaan. Yang terpenting, belajar membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan agar seimbang.

Laundry Show (2019)

Sumber: MVP Pictures ID

“Kan kata Kokoh pelanggan adalah raja. Lha, kalo raja minta potongan harga masa kita ngga ngasih?”

Film ini menceritakan kisah seorang tokoh bernama Uki yang merintis bisnis laundry setelah memutuskan resign dari pekerjaan tetapnya karena alasan jenuh dan merasa tidak dihargai oleh bosnya. Sayangnya, mengurus bisnis tidak semudah yang dibayangkan oleh Uki. Bisnis laundry milik Uki pun berjalan naik turun, meskipun Uki sudah merogoh kocek cukup dalam hingga menjual mobilnya untuk merenovasi ruko dan membeli peralatan laundry. Akan tetapi, Uki masih menemukan berbagai permasalahan, mulai dari karyawan yang absurd hingga persaingan dengan kompetitor.

Hal yang bisa kita pelajari: 
Bagaimana Uki merintis bisnis dan menghadapi masalah-masalah seputar bisnis laundry-nya. Meskipun film ini berhubungan dengan permasalahan cinta, tapi banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran untuk merintis bisnis.

9 Summers 10 Autumns (2013)

Sumber: MuvilaTrailerID

“Iwan ndak takut hantu, Buk. Iwan takut miskin.” 

Film 9 Summers 10 Autumns merupakan film motivasi yang menceritakan seorang tokoh bernama Iwan yang masa kecilnya tumbuh di Kota Batu, Malang dengan kondisi keluarga yang sederhana. Iwan merupakan satu-satunya anak laki-laki yang nantinya akan menjadi tumpuan keluarga dan sebisa mungkin merubah nasib atau kondisi ekonomi keluarga.

Hal yang bisa kita pelajari: 
Film ini memang tidak banyak membahas sisi bisnis secara langsung, tapi kamu bisa mengambil inspirasi bagaimana perjuangan Iwan dalam mewujudkan mimpinya untuk sukses dan tentu dengan dorongan yang tidak henti dari sang ibu. Kegigihan dan semangat dari tokoh utama bernama Iwan, bisa kamu aplikasikan dalam mewujudkan setiap visi bisnis kamu dan jangan lupa untuk selalu meminta dukungan dari orang terdekat kamu, salah satunya adalah Ibu.

Nah, kelima film di atas bisa menjadi alternatif hiburan bagi kamu yang sedang jenuh sekaligus dapat memberikan inspirasi dan motivasi dalam menjalankan bisnis.

Menjadi seorang pebisnis memang harus siap belajar dengan siapapun dan kapanpun, salah satunya belajar melalui sebuah film. Kita harus siap dengan setiap perubahan, merespon perubahan tersebut, dan mengambil setiap kesempatan yang datang.

Oh iya, kalau kamu punya rekomendasi film yang wajib ditonton sama pebisnis pemula, silakan share di kolom komentar, ya.

Sumber: blog.ninjaxpress