Ilustrasi kerja sama Bukalapak-Lion Air Group (Foto : Rio Sandy Pradana)
Ilustrasi kerja sama Bukalapak-Lion Air Group (Foto : Rio Sandy Pradana)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bukalapak dan Lion Parcel membuat jalur khusus untuk pengiriman logistik, karena pemecahan permasalahan logistik yang ada di Indonesia dapat membantu peningkatan kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mengirimkan produk.

Fajrin Rasyid, Presiden dan Co-Founder Bukalapak, mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Grup Lior Air melalui Lion Parcel. Kerja sama tersebut dapat mengatasi masalah pengiriman barang antarpulau untuk para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Selain itu, juga turut membantu para Pelapak (usaha yang tercatat di dalam jaringan Bukalapak) memiliki jalur khusus di armada Lion Air guna mempercepat pengiriman dua kali lipat dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya.

Kerja sama tersebut dapat memajukan daya saing para pelapak karena terciptanya sistem pengiriman yang lebih cepat dan efisien ke lebih dari 500 kota di Indonesia. “Sebagai perusahaan yang customer obsessed, kami fokus untuk selalu mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi pengguna kami, terutama para pelapak. Kami memilih untuk bersinergi dengan Lion Parcel yang memiliki 230 armada pesawat dan 210 rute penerbangan antar pulau di Indonesia,” ungkap Fajrin.

Farian Kirana, CEO Lion Parcel, menjelaskan dengan bekerja sama dengan perusahaan e-commerce seperti Bukalapak, maka pihaknya dapat terkoneksi dengan jaringan pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya seperti daerah pelosok yang membutuhkan jasa logistik pengiriman. 

Dia menilai Infrastruktur logistik masih menjadi salah satu faktor penting dalam pengembangan dan kelangsungan bisnis UMKM. Berdasarkan hasil penelitian Supply Chain Indonesia (SCI), pada 2017 biaya logistik di Indonesia masih tergolong tinggi hingga mencapai 23,5 persen dari biaya manufaktur.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Terutama jika dibandingka Vietnam yang biaya logistiknya hanya 15 persen, Thailand 13,2 persen, Malaysia 13 persen, dan Aingapura 8,1 persen. 

Melalui kerja sama ini, Fajrin mengharapkan  Bukalapak dan Lion Parcel dapat memberikan solusi kelangsungan bisnis bagi para UMKM di Bukalapak. “UMKM ini tersebar di 34 provinsi, 492 kota, dan hampir seluruh pulau di tanah air,” ujar Fajrin.