Ilustrasi UMKM. Foto: google.com
Ilustrasi UMKM. Foto: google.com

Jakarta, MNEWS.co.id – Memperingati Hari Nasional UMKM yang jatuh pada 12 Agustus 2018, Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) merayakannya dalam kegiatan Bung Hatta Festival di Bukittinggi, Sumatera Barat, Minggu (12/8/18).

Dihadiri oleh berbagai pelaku UMKM, acara ini mengusung tema “Menemukan Kembali Ekonomi Kerakyatan Untuk Penguatan UMKM Sebagai Tulang Punggung Kedaulatan Ekonomi Bangsa”. Dalam seminar nasional UMKM, Jamkrindo focus memberikan dukungan dan berbagai pendampingan bagi sektor usaha mikro.

Randi Anto, Direktur Utama Perum Jamkrindo mengatakan bahwa UMKM memiliki peran yang strategis bagi perekonomian nasional dan penyerapan tenaga kerja. Tanggal 12 Agustus diperingati sebagai momen penting sekaligus penghargaan kepada pelaku UMKM di Indonesia, sesuai dengan hari ulang tahun Moh. Hatta yang jatuh di tanggal 12 Agustus. Bapak Bangsa tersebut dinilai sebagai peletak dasar ekonomi kerakyatan yang melandasi UMKM.

Selain menjamin kredit bagi UMKM dan koperasi, Jamkrindo juga ingin terus memberikan pendampingan kepada UMKM di seluruh Indonesia.

“Jamkrindo berperan dalam membantu UMKM naik kelas atau tumbuh dengan skala yang lebih besar. Sudah menjadi tanggung jawab dan fokus kami untuk memajukan UMKM dan koperasi,” ujar Randi dalam siaran pers, Minggu (12/8/18).

Jamkrindo memiliki berbagai layanan dalam upayanya mendukung UMKM terus berkembang, seperti penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit umum, penjaminan kredit multiguna, penjaminan kredit distribusi barang, penjaminan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), penjaminan kredit kendaraan bermotor dan lainnya.

Setiap tahunnya, Jamkrindo meningkatkan kapasitas penjaminan kreditnya. Pada 2018, Jamkrindo menargetkan volume penjaminan sebesar Rp 156,8 triliun. Sepanjang tahun 2008 hingga 2017, Jamkrindo telah mencatatkan volume penjaminan kredit lebih dari Rp 200 triliun.