Ilustrasi. (Foto: Unsplash)
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ada beberapa peluang usaha yang dapat dilakukan dalam menyambut hari raya Idul Adha, seringkali kita melihat menjelang Idul Adha penjual musiman alias penjual dadakan yang berada dipinggir jalan.

Hal yang terpenting yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan peluang menjelang hari raya Idul Adha adalah menyiapkan modal untuk menjalankan peluang usaha tersebut. Modal bisa digunakan dengan memanfaatkan tabungan yang sudah ada, namun jika anda tidak memiliki tabungan dapat mengajukan pinjaman dana tunai.

Dan berikut ini beberapa peluang usaha yang dapat dilakukan dan menguntungkan untuk menyambut hari raya Idul Adha :

Menjual Hewan Kurban

Jual hewan kurban merupakan salah satu bisnis yang paling menguntungkan maka dari itu tak heran jika akan melihat banyak hewan kurban, yaitu sapi dan  juga kambing yang dijualkan dipnggiran jalan dalam keadaan kandang terbuka. Jika anda memiliki modal yang cukup besar maka bisnis ini layak untuk dicoba, karena penjualan hewan kurban memiliki harga yang cukup tinggi. Keuntungan yang didapatkan pun banyak sekali bahkan hingga mencapai 2-3 kali lipat.

Menjual Makanan Khas Idul Adha

Momen Idul Adha banyak dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga sambil menyantap hidangan spesial, namun libur Idul Adha memang tidak panjang sehingga waktu untuk menyiapkan hidangan spesial pun tidak banyak tersisa. Menjual makanan atau katering Idul Adha pasti banyak memiliki peminat apalagi hidangan khas Idul Adha seperti gulai, opor ayam, ketupat sayur, rendang sate dan sebagainnya sehingga omset yang didapatkan pun bisa berkali lipat disbanding biasanya.

Menjual Perlengkapan Ibadah dan baju muslim

Menjual perlengkapan ibadah dan baju muslim saat Idul Adha juga merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan misalkan menjual keperluan shalat Idul Adha yaitu sajadah, mukena, sarung dan kopiah. Sementara untuk baju muslim, anda bisa menjual baju muslim keluarga yang memiliki warna seragam dan baju muslim keluarga memang lebih laku kerena menawarkan harga paket yang murah. Sebelum menjual perlengkapan Ibadah dan baju muslim, sebaiknya anda sudah mencari informasi terdahulu tentang model terkini yang sedang tren.

 

Menjual Peralatan Sate

Buat Anda yang baru saja memulai berdagang menjelang Idul Adha menjual peralatan sate mungkin bisa menjadi pilihan karena modalnya tidak terlalu besar. Adanya kebiasaan bakar-bakaran alias membuat sate pastinya membutuhkan peralatan seperti panggangan sate, tusuk sate, kipas, hingga berbagai jenis arang. Untuk mempromosikannya pun anda dapat memberitahu keluarga terdekat serta teman-teman yang memang bisa menjadi calon pembeli potensial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here