(Foto : www.depkop.go.id)
(Foto : www.depkop.go.id)

Denpasar, MNEWS.co.id – Kedua kalinya Puspayoga selaku Menteri Koperasi dan UKM AAGN, kembali mendapatkan penghargaan dari International Council for Small Business (ICSB). Presiden ICSB Ahmed Osman, secara langsung memberikan penghargaan tersebut kepada Rulli Nuryanto Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM,  yang mewakili Menkop UKM Republik Indonesia.

“Menkop dan UKM Puspayoga merupakan satu-satunya orang di dunia yang telah mendapat penghargaan dari ICSB Dunia sebanyak dua kali”, kata Hermawan Kertajaya Chairman ICSB Indonesia, dalam acara penutupan Rakernas Khusus ICSB Indonesia di Kota Denpasar, Sabtu (24/8).

Puspayoga pertama kali mendapatkan penghargaan yang diberikan oleh ICSB dalam ajang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) saat Deklarasi Hari UMKM Internasional. “Penghargaan kali ini diberikan karena dukungannya yang besar bagi pertumbuhan dan perkembangan ICSB di Indonesia dalam memajukan UMKM”, ucap Hermawan. 

Dilansir dari siaran pers Kemenkop dan UKM, Hermawan menjelaskan ICSB merupakan organisasi non profit global yang memiliki keanggotaan yang ada di 85 negara dan mulai aktif di Indonesia sejak tahun 2015. 

ICSB Indonesia juga memberikan penghargaan yaitu ICSB Indonesia Presidential Award 2019 untuk 10 daerah ( tujuh provinsi dan tiga kabupaten) yang telah berhasil dalam mengembangkan ICSB di wilayahnya. Ketujuh provinsi tersebut adalah Sumut, Bangka Belitung, Banten, Jabar, Jateng, Jatim, dan Bali, sementara  tiga kabupaten adalah Karanganyar, Trenggalek, dan Purwakarta.

 Setelah acara selesai, Rulli mengungkapkan betapa pentingnya mendorong UKM dalam melakukan ekspor. “Kita akan bersinergi dengan seluruh stakeholder termasuk ICSB Indonesia, dalam membentuk dan membangun kekuatan UKM di Indonesia dengan orientasi pasar ekspor,” ujar Rulli.

Dirinya juga menambahkan pihaknya bersama dengan ICSB akan terus membangun jiwa kewirausahaan yang ditanamkan kepada masyarakat Indonesia khususnya untuk para generasi milenial. “Berbagai pelatihan kewirausahaan sudah dan akan terus digelar di banyak daerah di Indonesia. Tujuannya, menciptakan lebih banyak lagi wirausaha di Indonesia”, ujarnya.

Ahmen Osman selaku Presiden ICSB Dunia, memaparkan bahwa UKM bisa menjadi solusi perekonomian di sebuah negara.  “Terlebih lagi bila semangat wirausaha bisa diterapkan di kalangan anak muda. Karenanya, kita akan terus melakukan pemberdayaan lewat berbagai pihak, terutama dengan pemerintah”, ujar Ahmed.

Ahmed menjelaskan bahwa generasi muda harus mempelajari tentang membuka usaha kecil atau bisnis mikro.  “Minimal menjadi penghasilan buat mereka sampai menjadi sebuah organisasi atau perusahaan. Jadi, kuncinya adalah menjadi wirausaha di masa depan. Bisnis dapat menyusut, sehingga masa depan ekonomi dunia amat bergantung pada sektor UKM ini”, ujar Ahmed.