Keunikan Produk UMKM Indonesia Jadi Incaran Jurnalis Peliput KTT G20 (Foto: indonesia.go.id/g20)

MNEWS.co.id – Padatnya agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung selama 15-16 November 2022 membuat jurnalis hanya berkutat di Media Center KTT G20 yang berlokasi di Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali. 

Untuk melayani para jurnalis peliput kegiatan, panitia media center tidak hanya menyediakan fasilitas kerja namun juga mengundang berbagai pelaku usaha lokal agar para jurnalis bisa cuci mata dengan berbagai produk UMKM yang menarik. 

Gerai-gerai UMKM ini terdapat di lobi Media Lounge Ruang Nusantara lantai 2, BICC. 

Berbagai gerai menawarkan produk-produk mulai perawatan tubuh dan kecantikan seperti spa, perhiasan, provider telpon genggam, mebel dan perlengkapan rumah tangga.

Salah satu produk yang banyak didatangi  jurnalis maupun para delegasi adalah perlengkapan rumah tangga dan aksesori yang terbuat dari kayu “Balisywood”. 

“Saya bersyukur mendapat kesempatan berpartisipasi di pameran G20,’’ kata Wikrama Putra salah satu pemilik Balisywood. 

Menurut Wikrama, sejak hari pertama pengunjung membeli beberapa alat-alat makan dan hiasan dinding. Beberapa pengunjung dari Belgia, Jepang, dan Prancis bahkan menyatakan ingin berkunjung ke pabrik pembuatannya. 

Memilih barang dari bahan dasar biomassa tropis kaya silicon dari sekam padi dan jerami, produk Balisynwood lahir bermula dari rasa prihatin tentang polusi bagi bumi akibat asap dari kebakaran hutan yang dilakukan oleh masyarakat. 

Teknologi kayu sintetik ini menghasilkan aneka kerajinan kayu tradisional Bali seperti pintu berukir, ragam hiasan ukiran dan aneka kerajinan pop-arts seperti pahatan berbentuk binatang sebagai pajangan rumah. 

Kisaran harga untuk produk kayu alami ini dibanderol mulai Rp15 ribu ke atas untuk alat rumah tangga dan Rp6 juta untuk mebel lengkap.

Produk UMKM yang tidak kalah diminati terutama oleh pengunjung perempuan adalah serum wajah yang berasal dari rumput laut.  Sejak hari pertama KTT G20, produk ini sudah diserbu jurnalis dan tamu delegasi. Menurut penjaga gerai, serum rumput laut yang dibanderol dengan harga Rp180 ribu mempunyai manfaat agar kulit wajah terlihat alami. 

Produk ini dibuat oleh dua orang sahabat, Putu Ayu Cempaka dan Made Dwi Kemala Sari yang telah bersahabat sejak dari sekolah dasar.

“Kebetulan memiliki hobi berdandan akhirnya kami sepakat membuat produk-produk alam yang berbeda dengan formula unik. Lahirlah serum dan produk perawatan tubuh dari Winka Beauty,” jelas Cempaka. 

Dari hobi menjadi bisnis membuat kedua perempuan Bali ini percaya diri sehingga berani mendaftar untuk ikut kurasi sebagai syarat diterima produknya di KTT G20. Mereka berdua sangat bangga selain lolos kurasi juga bisa berpartisipasi dalam KTT G 20.

Salah satu gerai UMKM yang juga selalu ramai adalah aksesori dari perak yang berasal dari Singapadu, Gianyar. Aksesori anting, kalung, dan gelang dengan desain elegan menjadi pilihan paling banyak yang dibeli oleh jurnalis terutama dari media asing. 

Ciri khas ukiran Bali dalam desain asesoris bisa menjadi kenang-kenangan mereka kembali ke negara masing-masing. Di pojok galeri UMKM ada dua tempat andalan spa bila badan terasa lelah yaitu Piramida Spa dan The Calma Spa yang menyediakan terapis pijat.

Antrian selalu panjang karena pengunjung mendapat kesempatan dipijat selama 10 menit mulai dari punggung sampai kaki. Kedua Spa ini juga menyediakan produk seperti minyak dan aroma terapi dengan berbagai jenis aroma seperti Lavender, Jasmine, dan Green Tea.