Depok, MNEWS.co.id – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Depok, Jawa Barat, memanfaatkan media sosial untuk memperluas pemasaran produk sehingga dapat menambah pendapatan.
“Produk-produk yang ada dipasarkan melalui media sosial. Alhamdulilah, saat ini pemesanan semakin banyak, jadi sangat efektif,” kata salah satu seorang pelaku UMKM Depok Tya Hinnarti.
Pemilik usaha Rumah Serba Ada ini mengatakan usahanya saat ini sudah semakin berkembang berkat pemasaran dengan menggunakan media sosial walaupun di tengah pandemi Covid-19.
Usaha Rumah Serba Ada menjual berbagai kebutuhan rumah tangga sehari-hari seperti sembako, minyak goreng, aneka kue kering hingga sabun cuci. Tya bersama suaminya mendirikan Rumah Serba Ada yang memiliki konsep merangkul para UMKM yang ingin menjual produknya hingga laku.
“Tiga bulan pertama penjualan kami bagus. Perkembangan pesat. Penjualnya hampir 200 persen di masa pandemi Covid-19,” ucap Tya.
Ia menambahkan saat ini dibantu oleh reseller yang tersebar di Kota Depok. Di mana mereka memesan barang atau produk dari Rumah Serba Ada yang diantarkan oleh ojek online. “Sudah 1.000 lebih reseller kami di Depok,” katanya.
Lebih lanjut, Tya menjelaskan bahwa para reseller yang bergabung adalah ibu rumah tangga. Berbagai macam persolaan yang dialami oleh para reseller Rumah Serba Ada ini. “Reseller yang tadi ya kerja, kena PHK (pemutusan hubungan kerja). Jadi bisa jadi bahan jualan menambah saku rumah tangga mereka,” tambahnya.
Rumah Serba Ada ini menyediakan aneka barang kebutuhan hidup sehari-hari, misalnya sabun cuci, minyak, kue kering, sembako dan lainnya. “Konsumen kami di Depok. Bahkan ada yang di Jakarta. Tentunya dengan harga yang lebih murah,” pungkasnya.