Ilustrasi UMKM Go Online. (Foto: Visa)

Jakarta, MNEWS.co.id – Visa sebagai penyedia pembayaran digital terdepan di dunia, berkolaborasi bekerja sama dengan perusahaan Dana menghadirkan sebuah kampanye, dalam rangka memperluas penggunaan dan penerimaan pembayaran digital untuk mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif “Visa Dukung UMKM”, guna mendorong sejumlah kolaborasi untuk memperkenalkan beragam program dan solusi pembayaran. Selain itu juga bertujuan memberdayakan UMKM hingga mereka dapat bermigrasi ke online dan mempertahankan usaha mereka melalui teknologi digital yang lebih dapat diandalkan.

Hal ini sejalan dengan komitmen global Visa untuk mendukung 10 juta usaha kecil di seluruh Asia Pasifik dalam rangka membantu masyarakat lokal agar bisnisnya segera pulih di tengah pandemi COVID-19.

Visa dan DANA akan menawarkan 2.000 UMK pertama yang menerima pembayaran Visa dan yang baru saja terdaftar di DANA sebagai Gold Merchant, voucher senilai maksimal Rp 50.000, di mana promosi berlaku hingga 30 September 2020. Para pengguna yang baru pertama kali menggunakan kartu Visa di aplikasi DANA juga akan menerima voucher senilai maksimal Rp50.000 saat berbelanja di Gold Merchant tersebut, di mana promosi berlaku hingga 31 Oktober 2020. Syarat dan ketentuan berlaku.

DANA dan Visa juga mengajak Bukalapak, untuk berpartisipasi dalam kolaborasi ini untuk memberikan manfaat serupa bagi usaha kecil dan mikro serta para konsumen yang baru terdaftar di Bukalapak.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, mengatakan Visa meyakini di situasi saat ini, kolaborasi menjadi kunci dalam sinergi upaya-upaya menstabilkan perekonomian, khususnya memperkuat pilar usaha kecil dan mikro.

“Sebagai penyedia jaringan pembayaran, Visa berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman pembayaran yang aman dan lancar bagi konsumen e-commerce. Selain itu, kami harapkan ini bisa membantu usaha kecil dan mikro beradaptasi dengan cara baru dalam mengelola dan mengembangkan bisnis mereka,” kata Riko.

Sementara itu, Vince Iswara selaku CEO and Co-Founder Dana mengatakan, kemitraan dengan Visa sejalan dengan komitmen DANA untuk terus mengembangkan platform, bersinergi dengan berbagai institusi dan pelaku usaha, baik skala kecil maupun besar. “Melalui komitmen ini, kami bermaksud berpartisipasi dalam mempercepat inklusi keuangan digital dan menyediakan solusi yang sesuai di segala situasi, dengan ekosistem ekonomi digital menjadi penerima manfaatnya,” tutur Vincent.

Untuk membantu usaha kecil, Visa Indonesia melalui kampanye “Visa Dukung UMKM” berfokus mempromosikan perdagangan digital dan pertumbuhan ekonomi, melalui sejumlah prioritas, di antaranya pemberdayaan pelaku usaha digital, mendorong pembayaran digital, dan memberikan insentif agar konsumen terdorong untuk berbelanja produk dalam negeri.