GrabExpress Rancang 5 Fitur Baru Khusus untuk UMKM Indonesia. (Foto: Grab Indonesia)
GrabExpress Rancang 5 Fitur Baru Khusus untuk UMKM Indonesia. (Foto: Grab Indonesia)

Jakarta, MNews.co.id – Guna memberikan kemudahan proses logistik, GrabExpress, layanan kurir dari Grab, memperkenalkan 5 fitur yang khusus dirancang untuk UMKM Indonesia.

Layanan GrabExpress saat ini tersedia di 150 kota di Indonesia. Jumlah pengiriman harian menggunakan GrabExpress meningkat lebih dari 20 kali lipat dalam satu tahun terakhir, dimana lebih dari 50% pengguna GrabExpress merupakan wirausahawan mikro.

Dalam acara pelatihan seputar pengelolaan bisnis, pemasaran digital dan hak kekayaan intelektual bagi pelaku UMKM, GrabExpress memperkenalkan 5 fitur yang akan membantu akselerasi bisnis wirausahawan mikro di Indonesia agar lebih efisien.

Kelima fitur tersebut adalah:

  • Pengiriman Antar Kota di Pulau Jawa dengan Ninja Xpress: Kerjasama Grab dengan Ninja Xpress untuk pengiriman barang antar kota, di Pulau Jawa. Pengirim juga dapat memilih waktu penjemputan dan akan dapat memonitor proses pengiriman barang. Barang akan langsung diambil oleh kurir di lokasi Anda. Fitur ini kini baru tersedia bagi pengguna di Jabodetabek.
  • Langganan Paket Hemat: Para pengguna GrabExpress dapat memanfaatkan langganan paket hemat (Subscription) untuk menikmati harga pengiriman yang lebih hemat. Fitur paket hemat saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.
  • Pengiriman Instan dan Same-DayArmada GrabCar dapat membantu pengiriman barang dengan berat maksimal 150 kg dan GrabBike seberat 15 kg. Pengiriman instan dapat menjamin bahwa paket pengguna akan tiba dalam waktu kurang dari 3 jam setelah waktu pengambilan. Sementara itu, khusus di Jakarta tersedia fitur same-day dimana pengguna bisa mengirim barang dengan lebih hemat dan sampai di hari yang sama.
  • Bukti Pengiriman & Pelacakan Langsung: Dengan fitur ini pengguna dapat memantau proses pengiriman melalui pelacakan lokasi kurir. Selain itu, pengguna juga akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil kurir pada saat pengambilan dan penerimaan barang. Grab juga menyediakan asuransi untuk barang yang dikirimkan.
  • Kirim ke Banyak Tujuan & Banyak Pemesanan Sekaligus: Fitur Kirim ke Banyak Tujuan pada aplikasi GrabExpress dapat membantu proses pengiriman hingga ke 5 alamat dalam 1 pesanan. Fitur ini saat ini tersedia di kota Jakarta, Bandung, Makassar, Medan dan Surabaya. Sementara, fitur Pesan Banyak Sekaligus mengizinkan pengguna untuk memesan hingga 10 mitra pengemudi dalam waktu yang bersamaan. Dengan kedua fitur ini, pengguna bisa melakukan pengiriman hingga ke 50 alamat berbeda.

Dalam acara ini, dua wirausahawan yang telah memanfaatkan fitur GrabExpress menceritakan kisah mereka dalam acara ini. Yasa Singgih, pemilik usaha bidang mode bernama Men’s Republic, menjelaskan, “Kecepatan dalam hal pengiriman barang sangatlah penting untuk para pelanggan. Dengan pengiriman instan yang tersedia di GrabExpress, saya dapat memberikan kepastian pada pelanggan saya bahwa barang pesanan akan sampai di pintu rumah mereka hanya dalam 3 jam saja dan dengan fitur live tracking dan bukti pengiriman barang, saya juga merasa lebih aman.

GrabExpress Rancang 5 Fitur Baru Khusus untuk UMKM Indonesia. (Foto: Grab Indonesia)

 

Selain Yasa, Jessica Yamadaco-founder dari layanan katering sehat Dapurfit, mengungkapkan “Semakin besar bisnis saya, semakin sulit juga mengatur proses pengiriman pesanan dengan karyawan yang terbatas. Fitur multi-destination dari GrabExpress sangat berguna dalam membantu saya dan tim saya mengirim barang dengan lebih mudah dan lebih cepat saat mengelola puluhan pesanan dalam sehari.”

Dengan armada GrabBike dengan jumlah terbanyak di Indonesia, lebih dari 90% pemesanan GrabExpress dalam satu tahun terakhir dapat diselesaikan sesuai dengan estimasi waktu pengiriman yang dijanjikan. Saat ini GrabExpress juga telah menjadi mitra pengiriman bagi e-Commerce besar seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee dan juga jaringan kopi, Fore.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia berharap GrabExpress dapat membantu meningkatkan pertumbuhan, tidak hanya wirausahawan mikro, tetapi juga mitra pengemudi dan pelanggan. “Kami juga berharap dapat menciptakan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan dan peluang bisnis bagi jutaan UMKM di Indonesia sehingga pada akhirnya dapat membantu Indonesia memperkuat ekonomi digital di Asia Tenggara,” ucap Ridzki.