
Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah menargetkan pada akhir tahun ini sebanyak 10 juta UMKM sudah terhubung dengan ekosistem digital. Meski target tersebut sudah tercapai sebelum akhir tahun, Pemerintah ingin upaya digitalisasi UMKM ini terus berlangsung hingga tahun depan.
Dibutuhkan kerja sama dan sinergi dari berbagai pihak dalam membantu upaya Pemerintah mempercepat akselerasi UMKM untuk Go Digital. Mahasiswa dan akademisi dapat terlibat dalam membantu upaya transformasi digital pelaku UMKM dan meningkatkan kemampuan pelaku usaha untuk memiliki daya saing dalam ekosistem digital.
Dalam rangka mendukung UMKM Go Digital, mahasiswa Digital Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, Jakarta melaksanakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri sekaligus Tugas Akhir Peduli Negeri, dengan mengusung topik “Peran Penting Pemasaran Digital Pada UMKM”.
Dalam kegiatan ini, tim mahasiswi dari jurusan Digital Komunikasi tersebut mendampingi pemilik usaha Makaroni Belo untuk membantu pelaku UMKM tersebut memahami tahapan perancangan serta implementasi strategi pemasaran digital.
Kegiatan mini workshop ini berlangsung di D’Orange Resto, Meruya Selatan, pada hari Rabu (18/11/2020) dengan tujuan untuk menjadi sarana dalam mengedukasi serta meningkatkan pengetahuan bagi pelaku UMKM, khususnya UMKM Makaroni Belo, agar mereka siap menjadi UMKM Go Digital dan mampu memasarkan produknya melalui media sosial dengan menggunakan strategi yang baik dan benar.

Dalam kegiatan mini workshop ini, tim mahasiswi Digital Komunikasi Mercu Buana membahas 3 topik terkait pemasaran digital. Pertama, penyusunan strategi pemasaran untuk memasarkan produk di Instagram. Kedua, cara mengelola Instagram untuk bisnis, bagaimana membuat caption, sekaligus memaparkan hasil engagement yang telah didapat selama tim mahasiswi Digital Komunikasi mengelola akun Instagram Makaroni Belo. Dan yang terakhir, membahas produksi konten menarik untuk promosi, sekaligus melatih pelaku UMKM dalam membuat konten yang kreatif.
“Kegiatan hari ini berlangsung sangat seru karena antusias mitra UMKM Makaroni Belo yang aktif dalam bertanya, membuat 1 konten yang kemudian mereka buatkan caption-nya sendiri, dan dilanjut publikasi ke akun Instagram,” ujar Ketua Pelaksana Kegiatan, Selsya Triasputri kepada M-News.
Selain mengadakan kegiatan mini workshop, sebelumnya tim mahasiswi ini telah membantu UMKM Makaroni Belo dalam membuat strategi pemasaran, produksi konten dan mengelola akun Instagram.
Hal tersebut dilakukan untuk menjadi acuan bagi UMKM Makaroni Belo dalam melakukan
pemasaran digital di Instagram sehingga ke depannya mereka dapat mandiri dan
konsisten menjadi UMKM Go Digital.