Ilustrasi. (Foto: Pexels)
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bank OCBC NISP selalu berupaya untuk mendukung pertumbuhan kredit untuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Parwati Surjaudaja Presiden Direktur Bank OCBC NISP, mengungkapkan bahwa pihaknya akan selalu berpartisipasi dalam kegiatan yang mendukung literasi keuangan untuk masyarakat serta memberikan kemudahan layanan keuangan untuk generasi milenial yang ingin mengembangkan usaha.

“Kredit UMKM kami terus mengalami peningkatan. Kami akan fokus mendorong sektor ini di tengah banyaknya tantangan di sektor korporasi saat ini,” ujar Parwati.

Penyaluran kredit OCBC untuk sektor UMKM mengalami peningkatan yang cukup siginifikan yaitu mencapai 20% pada bulan Juni 2019, namun segmen tersebut belum begitu besar terhadap portofolio kredit perseroan, masih di bawah 20%.  Maka dari itu pertumbuhan dalam segmen ini belum bisa menutupi tekana untuk sektor korporasi, sehingga Bank OCBC masih pesimis untuk pertumbuhan kredit dua digit hingga akhir tahun.

Bank OCBC akhirnya menjalin kerja sama dengan perusahaan startup yakni Wahyoo untuk meluncurkan program akademi dengan tujuan untuk mendorong penyaluran kredit sektor UMKM. OCBC juga berperan dalam membantu melakukan literasi keuangan untuk para pemilik warung yang sudah menjadi mitra Wahyoo. Melalui program ini diharapkan para pelaku UMKM akan terus semakin berkembang dan nantinya memiliki akses ke lembaga keuangan.

Selain itu Bank OCBC dan juga Wahyoo meluncurkan kalkulator impian yang dapat diakses melalui website Wahyoo, yaitu para pemilik warung sudah bisa melakukan perencanaan keuangan sendiri. Contohnya adalah jika mereka memiliki tujuan untuk menyiapkan dana pendidikan untuk anak, maka mitra Wahyoo pun dapat menghitung berapa dana yang akan ditabung di bank sejak dini.

Mirah Wiryoatmodjo, Direktur Bank OCBC menjelaskan bahwa pihaknya tidak pmemiliki target khusus mengenai hasil yang akan didapat dari kerjasama tersebut terhadap bisnis perseroan. “Ini murni komitmen kami untuk berdayakan UMKM saja. Tetapi kami harapkan mereka bisa datang ke OCBC saat sudah semakin bankable,” ujarnya.

Wahyoo merupakan perusahaan start penyedia solusi bagi usaha warung makan. Perusahaan ini memungkinkan pemilik usaha warung makan untuk mengakses langsung pemasok makanan serta memberdayakan peningkatan layanan konsumen dengan standarisasi kesehatan dan kebersihan yang lebih baik. Didirikan Oeter Shearer pada tahun 2017, tercatat saat ini Wahyoo sudah bermitra dengan hampir 9.000 warung dan ditargetkan bisa mencapai 13.000 hingga ujung tahun.