Para pelaku UMKM belajar bersama terkait konten marketing di kelas komunitas, Jakarta Creative Hub, Jumat (22/2/2019). Foto: (doc/MNEWS).
Para pelaku UMKM belajar bersama terkait konten marketing di kelas komunitas, Jakarta Creative Hub, Jumat (22/2/2019). Foto: (doc/MNEWS).

Jakarta, MNEWS.co.id – Media sosial dan berbagai platform digital kini menjadi ladang subur bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk beriklan. Dengan konten marketing yang menarik, akan lebih banyak orang yang melirik. Namun ternyata, membuat konten marketing yang menarik masih menjadi kendala bagi pelaku UMKM.  

Banyaknya iklan yang muncul di media sosial seperti Instagram atau Google Ads ternyata sangat bisa digunakan oleh pelaku UMKM untuk memaksimalkan penjualan. Tapi, bagaimana caranya membuat konten marketing yang menarik sesuai dengan target pasar yang spesifik?

Komunitas Sahabat UMKM berkolaborasi dengan ADX Asia mengadakan Kelas Komunitas bertajuk “Tips dan Trik Membuat Konten Marketing Untuk Para Pelaku UMKM Sesuai Tren 2019” di Classroom A Jakarta Creative Hub, Jumat (22/2/2019). Di sini, sebanyak 30 peserta yang semuanya adalah pelaku UMKM dari berbagai sektor seperti kuliner, kriya, fashion hingga jasa, belajar bersama-sama cara membuat konten marketing semenarik mungkin, dipandu oleh tim desain kreatif dari ADX Asia.

Peserta yang mengikuti Kelas Komunitas diwajibkan untuk membawa laptop, agar bisa lebih intensif belajar dan langsung mempraktikkan teori yang diberikan. Nantinya, konten yang telah dibuat dan didesain bisa segera digunakan untuk mengiklankan produk di media sosial atau dengan memasang iklan yang tertarget.

Para pelaku UMKM belajar bersama terkait konten marketing di kelas komunitas, “Tips dan Trik Membuat
Konten Marketing Untuk Para Pelaku UMKM Sesuai Tren 2019” di Classroom A,
Jakarta Creative Hub, Jumat (22/2/2019). Foto: (doc/MNEWS). 

Faisal Hasan Basri, Sekretaris Jenderal Sahabat UMKM mengatakan, Kelas Komunitas ini dilakukan sebagai bagian dari program Sahabat UMKM untuk meningkatkan kompetensi para anggota pelaku UMKM. Kelas Komunitas yang berupa pelatihan ini, selalu diupayakan untuk terselenggara setiap bulannya dengan tema yang berbeda-beda, atau menyesuaikan dengan tema yang dibutuhkan oleh setiap anggota komunitas.

“Kegiatan Kelas Komunitas ini dilakukan oleh Sahabat UMKM bersama dengan partnershippartnership, yang memang memiliki pengalaman serta pengetahuan yang dapat menunjang pengetahuan para anggota. BPP Sahabat UMKM juga membuka kesempatan bagi seluruh pihak yang memang memiliki kepedulian serta keinginan untuk bersama-sama memajukan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui UMKM ini,” jelas Faisal kepada MNEWS di Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Senada dengan Faisal, Head of Marketing Adx Asia, Frebriansyah Hermawan, juga ingin mengajak teman-teman UMKM membuat konten yang menarik agar semakin naik kelas. Menurutnya, selama ini masih banyak pelaku UMKM yang belum memiliki keahlian untuk membuat konten yang menarik. Sebagus apapun produknya, kalau kontennya kurang bagus, nantinya impact yang ditimbulkan tidak akan signifikan.

“Kita ajarkan buat konten yang bagus, biar orang tertarik untuk membeli. Sekarang kan orang lihat apapun semua dari Instagram, promonya bagus, kontennya bagus. Harapan kita cuma satu, kita pengin semua UMKM di Indonesia, terutama di Jakarta, bisa naik kelas. Tidak cuma bisnisnya yang berkembang, tapi cara mengelola sosial media, cara bikin kontennya bisa naik kelas,” pungkas Frebri.

Ia juga berharap, harapannya ke depan bisa membuat kelas yang lebih advance, sehingga teman-teman UMKM bisa punya strategi marketing yang sama dengan brand-brand besar. “Semoga Kelas Komunitas ini periode ke depannya tidak berhenti di sini, tapi juga bisa me-maintain komunitas. Kita masih fokus ke konten, berikutnya mungkin ke sosial media. Step keduanya bagimana menaikkan followers, menambah likes, dan lain-lain,” imbuhnya.