Badan Hukum Penopang Kemajuan Pelaku UMKM

Regina Mone | 07 November 2017, 23:05 WIB

Palembang - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk maju dan menguatkan usahanya. Salah satunya melalui acara “Sosialisasi dan Fasilitasi Badan Hukum” dengan kerjasama antara pemerintah Kota Palembang dan Sahabat UMKM kota Palembang. Acara yang diadakan di Hotel Horison Ultima, Palembang pada Selasa (7/11) ini bertujuan untuk mendorong para pelaku UMKM agar naik kelas dengan memiliki legalitas badan hukum.

Direktur Harmonisasi Regulasi dan Standardisasi Bekraf RI, Sabartua Tampubolon mengatakan, “Pendirian badan hukum akan memberikan banyak manfaat bagi para pelaku UMUM di sektor ekonomi kreatif. Karena itu ke depannya kami berharap ekonomi kreatif menjadi salah satu pilihan dalam pengembangan ekonomi masyarakat di Sumatera Selatan.”

“Kalau ditopang dengan badan hukum, pengembangan usaha akan lebih mudah dilakukan. Selain itu, hal ini juga akan membuat usaha teman-teman menjadi lebih kuat. Sebab, selama ini masih dipandang hanya sebagai hobi,” paparnya dalam sambutan di acara ini.

“Pada akhirnya, keberadaan badan hukum akan membantu untuk bergerak selangkah lebih maju. Dan, diharapkan setidaknya UMKM di sektor ekonomi kreatif bisa mengembangkan tiga hal yaitu untuk kepentingan pelaku ekonomi itu sendiri, kepentingan masyarakat, dan kepentingan negara. Salah satunya dengan membayar pajak sebagai sumber pendapatan negara,” tambahnya.

Staf Ahli Walikota Bidang Keuangan, Pendapatan, Hukum dan HAM, Ana Heryana yang juga menjadi pembicara di acara ini menambahkan, “Dengan memiliki badan hukum juga akan mempermudah pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya, salah satunya dalam melakukan pinjaman. Di Kota Palembang masih banyak yang belum memiliki payung hukum untuk usaha. Mungkin karena kurang pemahaman tentang manfaatnya. Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat lebih memahami manfaat dari adanya badan hukum usaha mereka,” katanya.

Selain itu, lanjut Ana, adanya badan hukum diharapkan dapat membantu mengembangkan dan menguatkan sendi perekonomian khususnya ekonomi kreatif. “Industri kreatif diharapkan bisa berkembang dan memanfaatkan fasilitasi dan sosialisasi ini sebaik mungkin,” jelasnya.

Mustafa Kamal, anggota Komisi X DPR RI menambahkan di akhir acara pembukaan, “Tidak ada negara yang maju dan berkembang pesat kecuali mampu membina pelaku UMKM di negaranya menjadi UMKM yang unggul. Dan Sahabat UMKM, komunitas yang dibangun berdasarkan dedikasi untuk bangsa dan negara ini adalah upaya strategis dalam mengembangkan potensi UMKM di masa depan.”

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar