Kemendag Luncurkan Pameran Virtual Produk Lokal di Singapura. (Foto: Dok. Kemendag)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyambut baik peluncuran pameran produk-produk lokal Indonesia virtual atau Indonesia Virtual Showcase oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura.  

Agus mengatakan pameran tersebut memfasilitasi eksportir Indonesia mengembangkan pasar di Singapura dan pasar global. Selain itu, platform ini juga membantu importir Singapura menemukan produk Indonesia yang berkualitas dan eksportir yang kredibel.  

“Kami sangat mendukung promosi yang dilakukan melalui platform berbasis digital. Kami yakin, saat ini platform digital akan memainkan peran yang lebih signifikan dalam pemulihan ekonomi,” katanya dilansir dari siaran pers Kemendag.

Kemendag berupaya meningkatkan perdagangan digital regional. Perdagangan melalui platform digital, mempunyai peran signifikan terhadap pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19.

Tidak hanya melakukan pameran virtual, sebelumnya Kemendag juga turut berpartisipasi dalam ASEAN Online Sale Day (AOSD).   Selain itu, pemerintah juga telah bekerja sama dengan salah satu marketplace lokal yakni Bukalapak, untuk mempromosikan produk usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia di Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan.  

“Saat ini, kami telah memfasilitasi produk Indonesia di platform laman pemasaran (marketplace) Amazon dengan nama Archipelago. Selain itu, kami juga gencar menggalakkan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) sebagai bentuk dukungan kepada UKM agar mau mempromosikan produknya di platform ‘unicorn’ Indonesia,” tambahnya.  

Agus berharap, melalui platform digital ini dapat meningkatkan promosi produk Indonesia sehingga ekspor juga ikut terdongkrak. Ia juga berharap Indonesia Virtual Showcase dapat semakin mempererat hubungan bisnis antara Indonesia dengan Singapura.