(Foto: Agung Pambudhy )
(Foto: Agung Pambudhy )

Jakarta, MNEWS.co.id – Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, mengungkapkan bahwa Jakarta Muharram Festival yang telah diadakan pada 31 Agustus 2019 di Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, merupakan salah satu ajang untuk menggerakkan ekonomi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dirinya menambahkan bahwa banyak pelaku UMKM yang berjualan dalam acara tersebut.  

“Dengan ada acara seperti ini, maka potensi untuk pergerakan perekonomian menjadi sangat besar, khususnya bagi usaha UMKM, ini pasti akan banyak yang berjualan, berdagang, mereka (warga) membeli,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (30/8).

Anies juga menambahkan dengan adanya acara seperti ini maka potensi dalam pergerakan perekonomian menjadi sangat besar, khususnya untuk para pelaku UMKM. Acara Jakarta Muharram Festival mendapatkan antusias yang positif dari masyarakat yaitu beramai-ramai datang untuk memeriahkan acara tersebut. 

Menurutnya, Jakarta Muharram Festival merupakan sebuah pesta rakyat. “Kita mengundang seluruh warga Jakarta untuk bersama-sama merayakan tahun baru. Ini sebuah pesta rakyat. Saya mengundang kepada semuanya,” kata Anies.

Jakarta Muharram Festival diadakan pertama kali di Jakarta dan merupakan inisiasi dari Pemprov DKI Jakarta yang berkolaborasi dengan Transmedia. Tausiyah dari Ustadz Maulana  pada pukul 16.00 WIB menjadi pembuka acara tersebut dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga hadir secara langsung dalam acara semalam. 

Dalam festival ini juga menghadirkan deretan artis ternama Tanah Air seperti Kotak, Wali, Potret, Pasha, Opick, Koes Plus Junior, Wika Salim, Kanda Brothers, Jiung Band, Takaeda, dan Hijab Band. Para pengisi acara Muharram Concert juga menjadi rangkaian dari Jakarta Muharram Festival 2019. Selain Muharram Concert, festival ini juga memiliki beragam acara, pertunjukan, dan penampilan. Mulai dari Halal Food Festival, Beauty Jakarta Festival, Muharram Concert, Piala Gubernur Pawai Obor dan Fire Dance.

Acara Jakarta Muharram Festival 2019 juga menghadirkan pawai obor yang diikuti oleh ribuan warga Jakarta yang berasal dari seluruh kota administrasi DKI Jakarta mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Kepulauan Seribu. 

Pawai obor dimulai dari kawasan Monumen Nasional (Monas) menuju pusat acara di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat pada pukul 19.30 WIB. Pawai diakhiri dengan penyerahan obor secara simbolis kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Meski memakai obor elektrik namun tidak mengurangi kemeriahan dan kesakralan pawai obor ini.