Ilustrasi. (Foto: Cek Aja)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ternyata, menjadi istri dari seorang wirausaha memberikan banyak keuntungan tersendiri. Salah satunya bisa banyak belajar dan dibantu untuk membangun sebuah usaha bersama.

Seperti Widhita Posumah, yang membangun usaha atas bimbingan sang suami yang bekerja sebagai wirausaha sejak muda. Pada akhir tahun 2017,  Widhita dibimbing untuk merintis bisnis kuliner guna membantu perekonomian keluarga. Kini, Widhita menjalankan usahanya dengan penuh semangat dan bangga.

Di bulan November 2016, Widhita memutuskan untuk merintis usaha kuliner di bidang bakery. Tak memiliki bekal dalam membuat roti yang enak, Ia bersama sang suami memulai belajar mengolah sendiri tanpa karyawan. Mulai dari uji resep, cara mengadon, hingga memasarkan produk, semuanya Ia lakukan secara otodidak.

Penjualan pertama yang dilakukan olehnya yaitu dengan menitipkan produk roti buatannya ke kantin di rumah sakit. Tidak lama setelah itu, Widhita berkesempatan untuk mengikuti proyek pengadaan roti. Roti buatannya pun lolos kurasi dan menjadi pemasok ke beberapa rumah sakit swasta di Jakarta.

“Saya adalah seorang ibu rumah tangga biasa , tidak pernah mengikuti kursus baking apalagi punya ijazah tata boga . Namun keinginan untuk menjadikan diri sendiri lebih ber-value itulah yang membuat saya bisa menjadi seperti ini,” tutur Widhita.

Tampilan produk Alverna Bakery. (Foto: dok. Alverna Bakery)

Widhita memberi merek usahanya dengan nama Alverna Bakery, diambil dari nama sang anak yang bermakna ‘Teman yang Bijaksana’. Sejak awal, Alverna Bakery fokus untuk melayani permintaan dan memproduksi sesuai pesanan saja, sehingga tidak memiliki toko fisik.

Memasuki masa pandemi, pesanan roti miliknya pun menurun. Ia mengatakan awalnya bisa produksi sampai 1.000 per hari, sekarang hanya setengahnya saja. Namun dirinya tetap bersyukur karena dapat belajar banyak hal untuk tetap bertahan di masa sulit saat ini. Salah satunya yaitu mengubah sistem penjualan yang semula hanya melalui kerja sama, kini beralih ke toko online.

Widhita kini memanfaatkan penjualan online melalui media sosial Instagram, e-commerce, dan WhatsApp business. Toko online miliknya pun berjalan dengan lancar. Ia menerima banyak respon dan testimoni positif dari para pembeli.

Sejak saat itu, Widhita bertekad untuk memperdalam kemampuan wirausahanya, salah satunya dengan bergabung bersama komunitas pelaku usaha di Jakarta. Ia mengaku mendapatkan banyak manfaat, kemudahan, serta fasilitas untuk meningkatkan usahanya. Widhita merasa sangat terbantu dengan kemudahan seperti perizinan usaha dan banyaknya pelatihan keterampilan yang bisa diikuti secara gratis.