Waspada Curah Hujan Desember-Januari
Ilustrasi. (Foto: kulkann)

Jakarta, MNEWS.co.id – Memasuki periode akhir Desember hingga Januari, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada seluruh pemerintah daerah serta masyarakat untuk terus memonitor perkembangan cuaca, iklim, dan gempabumi, serta peringatan dini kondisi ekstrem.

Prospek atau prediksi curah hujan di wilayah Indonesia pada bulan Desember 2021 dan Januari 2022, di mana terdapat periode Natal dan Tahun Baru, menunjukkan bahwa curah hujan umumnya berada pada kategori menengah hingga tinggi (100-500 mm per bulan).

Bahkan beberapa hari terakhir ini, beberapa wilayah di Indonesia mulai terkena dampak banjir akibat kondisi hujan deras dan juga pasang rob yang terjadi di daerah pesisir. 

BMKG mengimbau kepada seluruh jajaran pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengantisipasi serta terus memonitor perkembangan cuaca, iklim, gelombang dini, gempa bumi, serta peringatan dini yang dikeluarkan secara resmi oleh Pemerintah.

BMKG juga meminta kepada seluruh pihak terkait untuk meningkatkan kewaspadaan di daerah-daerah yang rawan terhadap bencana geo-hidrometerorologi.