Tampilan produk kopi D’cobian. (Foto: dok. D’cobian)

Jakarta, MNEWS.co.id – Masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama hampir dua tahun memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat Indonesia. Masyarakat harus berjuang untuk tetap memenuhi kebutuhan hidup sehari–harinya.

Banyak di antara masyarakat Indonesia yang terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pemotongan gaji, ataupun kesulitan mencari pekerjaan. Namun masih banyak pula masyarakat yang bisa kreatif memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Awal tahun 2020 menjadi sebuah kenangan pahit bagi Sri Wahyuni dan keluarganya. Masa pandemi membuat sang suami harus terkena PHK, sehingga untuk tetap bertahan, Sri mencari peluang serta kesempatan usaha demi terus memenuhi kebutuhan keluarga.

Bermula dari sang anak yang gemar meminum kopi, Sri pun terinpirasi untuk membangun usaha minuman kopi. Akhirnya, Ia mulai mengikuti kursus barista secara online dari seorang pelatih profesional.  Setelah belajar dan menambah pengetahuan tentang kopi, Sri pun  mantap membuka usaha kopi sejak Maret 2020 dengan jenama D’cobian.

Usaha kopi D’cobian disajikan dengan menyesuaikan karakter dari konsumen. Seperti kopi rendah gula bagi pelanggan yang suka dengan rasa lebih strong. Lalu ada rasa manis bagi yang belum terbiasa dengan kopi.

Sri menceritakan saat pertama kali berjualan, D’cobian menempati lapak kaki lima di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Lalu untuk memperluas target pasar, Sri pun mulai merambah penjualan online melalui Instagram, e-commerce, WhatsApp Business, hingga aplikasi pesan antar makanan online.

D’cobian memiliki varian rasa produk mulai dari vanilla, caramel, susu kurma, latte, gula aren, mangga, hingga strawberry milk. Produk ini dibanderol mulai dari Rp15.000,- hingga Rp17.000,-. Selain kopi, D’cobian juga menghadirkan menu dessert yaitu cheese, choco cheese, choco oreo, strawberry choco, pudding buah, klapertart, dan kue keju kismis.

Untuk meningkatkan branding usahanya, Sri juga mengikuti beberapa perlombaan mulai dari foto produk, membuat konten Tiktok, serta dekorasi hingga  berhasil meraih juara 1 dan 2.

Semua strategi dan inovasi yang Ia lakukan pun membuahkan hasil dengan kopi D’cobian yang saat ini telah mengalami perkembangan usaha. Pelanggannya pun terus meningkat dan saat ini usahanya sudah memiliki cabang reseller di Kemang Utara.