Ilustrasi. (Foto: MNews)

Jakarta, MNEWS.co.id – Salah satu modal yang dapat mendukung perkembangan bisnis adalah jaringan atau networking. Tidak dapat dipungkiri jika dengan memiliki networking yang baik dapat membantu pelaku usaha di fase awal pengembangan usahanya.

Salah satu jaringan atau networking yang paling mudah untuk kita optimalkan adalah melalui pertemanan. Melalui networking pertemanan bisa menjadi modal awal untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Modal inilah yang dimanfaatkan oleh Syahfitri Mutia, pelaku usaha asal Jakarta Utara.

Pada awal tahun 2007, wanita yang akrab disapa Fitri ini tinggal di Dubai bersama dengan sang suami yang berprofesi sebagai koki hotel. Keduanya tinggal di sebuah perumahan dengan sebagian besar warga yang berprofesi sebagai koki. Berawal dari obrolan sesama istri koki, maka terbentuklah komunitas yang setiap minggunya mengadakan pertemuan untuk memasak bersama.

Karena memiliki passion dalam membuat kue, akhirnya Fitri pun memutuskan untuk membuka usaha kue dengan jenama Feedthree Brownies & Cake. Usaha yang dibangun sejak September 2018 ini bermula saat tetangga dan temannya meminta untuk dibuatkan brownies dalam jumlah yang cukup banyak.

Penggunaan jenama Feedthree adalah sebuah plesetan dari namanya yakni Fitri. Selain itu juga dapat diartikan sebuah brownies yang mengandung 3 hal utama yaitu manis, legit, dan nikmat untuk setiap produk kuenya.

Feedthree memiliki varian produk brownies panggang dengan aneka topping seperti keju, marshmallow, almond, chocochips, dan oreo. Produk Feedthree Brownies & Cake memiliki harga yang berkisar dari Rp45.000,- hingga Rp85.000,- tergantung pilihan bentuk kue yang dipesan.

Tampilan produk Feedthree Brownies. (Foto: Feedthree)

Salah satu hal yang membedakan Feedthree Brownies & Cake dengan pesaing sejenis terletak dari cita rasa yang konsisten dan pilihan bahan baku yang digunakan. Selain itu Fitri juga tidak mengurangi resep atau sembarangan mengganti bahan baku yang digunakan. Ia pun akan melakukan riset terlebih dahulu saat akan mengganti bahan baku dengan bahan lainnya.

Awal membangun usaha Feedthree, Fitri mengenalkan produknya dengan memberikan sample secara gratis di acara arisan, pengajian, dan kegiatan warga perumahannya. Dari upaya itu menghasilkan banyak pesanan untuk acara besar seperti pernikahan. Kemasan produknya yang menarik perhatian membuat banyak orang menghubungi Fitri untuk memesan.

Dalam hal produksi dan pemasaran produk, Fitri dibantu oleh 2 anaknya dalam pembuatan desain, pembelian bahan baku, melakukan marketing, dan melayani pemesanan. Saat ini produk Feedthree fokus dipasarkan secara online melalui Instagram, WhatsApp, dan e-commerce.

Dengan mempertahankan cita rasa serta menjaga kualitas bahan baku dan kehalalannya, Fitri berharap ke depannya usaha Feedthree Brownies & Cake bisa berkembang lebih luas lagi. Ia juga berencana ingin memperluas target pasar dengan menggunakan sistem reseller.