Tampilan produk Mar’s Bakery. (Foto: Mar’s Bakery )

Jakarta, MNEWS.co.id – Bisnis roti merupakan salah satu usaha kuliner dengan potensi yang menjanjikan. Selain bahan baku yang mudah didapatkan, tingginya minat konsumen akan roti menjadi faktor pendukung berkembangnya usaha ini. Hal ini terlihat dari banyaknya variasi roti yang terus bermunculan hingga menjadi favorit banyak orang.

Salah satu pelaku usaha yang turut melirik jenis usaha ini adalah Indah Masyithah, yang memulai usaha roti dengan jenama Mar’s Bakery di tahun 2019. Awalnya produksi dilakukan di teras rumah dengan alat sederhana berupa oven serta mixer dan dibantu satu orang karyawan.

Indah pertama kali memasarkan penjualan rotinya melalui koperasi kantor dan sekolah swasta. Setelah itu, semakin banyak tempat yang menjual produknya melalui sistem konsinyasi.

Mar’s Bakery memproduksi roti berkualitas premium dengan harga yang cukup terjangkau serta menargetkan wilayah yang mudah ditemukan seperti perumahan, kantor, dan sekolah. Roti Mar’s Bakery memiliki ukuran yang cukup besar dengan isian lebih banyak.

Produk roti Mar’s Bakery dibanderol dengan harga Rp6.000,- hingga Rp15.000,- per buahnya. Dengan penampilan yang menarik, roti yang lembut, dan empuk, menjadikan produk Mar’s Bakery langsung disukai oleh banyak orang dan penjualannya pun meningkat.

Saat ini Indah memiliki 5 orang karyawan yang membantu penjualannya mulai dari produksi, pemasaran, dan pengiriman roti. Untuk kapasitas produksi, Mar’s Bakery menghasilkan 350–450 pcs setiap harinya.

Indah menambahkan, seiring berjalannya waktu, banyak koperasi kantor yang kini beralih fungsi menjadi minimarket sehingga penjualan roti Mar’s Bakery terpaksa berhenti. Akhirnya Ia pun merekrut tenaga penjualan dan mengubah segmen pasarnya menjadi warung tradisional serta minimarket yang dimiliki perorangan.

Dari segi pemasaran, Mar’s Bakery memasarkan produknya secara online melalui media sosial Instagram, e-commerce, dan layanan pesan antar makanan. Indah fokus melakukan pemasaran secara online agar produknya semakin dikenal dan banyak diketahui oleh calon pelanggan.

Ke depannya, Indah berencana ingin membuka toko sendiri dengan dapur produksi yang sudah terpisah dengan rumah, agar produk Mar’s Bakery bisa lebih berkembang dan dikenal oleh pelanggan.