UMKM lokal Kota Bandung bernama Kang Emil Riung Bandung mengkampanyekan gerakan #ayopakaimasker kepada warga Bandung guna menghambat laju penyebaran Covid-19. (Foto: Ayo Bandung)

Bandung, MNEWS.co.id – Peran masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Corona, menjadi salah satu peran penting dan kunci keberhasilan melewati pandemi saat ini. Dengan terus mengupayakan disiplin penerapan protokol kesehatan, salah satunya dengan menggunakan masker diharapkan Covid-19 dapat terkendali.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Kang Emil Riung Bandung yaitu salah satu brand usaha mikro kecil menengah (UMKM) asal kota Bandung yang berinisiatif membagikan masker kepada masyarakat Kota Bandung.

Gerakan yang diinisiasi Kang Emil Riung Bandung (salah satu brand UMKM) ini bertujuan untuk mengkampanyekan #ayopakaimasker kepada warga Bandung guna menghambat laju penyebaran Covid-19.

Yan Peter, pemilik UMKM Kang Emil Riung Bandung mengatakan, gerakan berbagi masker ini dilakukan di sejumlah titik di kota Bandung seperti daerah jalan Kebonjati, Asia Afrika, Pasar Cikutra, dan depan Pasar Suci Kota Bandung. Menurutnya, kegiatan ini sudah dilakukan sejak Minggu 20 September 2020 dan akan terus dilanjutkan hingga beberapa hari kedepan.

“Dari hari minggu, sampai saat ini stok maskernya masih ada. Jadi kami masih berlanjut gerakannya. Melalui Kang Emil Riung Bandung, kami menyediakan 4000 masker dan 1000 bungkus camilan basreng untuk rekan jurnalis, masyarakat, aparat kewilayahan dan pihak lainnya,” katanya dilansir dari Ayo Bandung.

Dalam pelaksanaan pembagian masker ini, Peter mengaku tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu salah satunya menjaga jarak. Pihaknya juga berharap melalui kegiatan ini bisa memulihkan geliat ekonomi di tengah pandemi. Pasalnya, sudah banyak para pelaku usaha yang terdampak.

“Semoga dengan gerakan ini para pelaku UMKM yang lain juga dapat ikut berbagi walau di situasi pandemi seperti ini,” kata Peter.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang kegiatan ini bisa menghubungi media sosial Instagram @kang.emil.official