Dengan memberdayakan puluhan petani lokal, Coffeenatics ingin berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di area Sumatera dan sekitarnya.
Dengan memberdayakan puluhan petani lokal, Coffeenatics ingin berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di area Sumatera dan sekitarnya. (Foto: instagram.com/thecoffeenatics)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sebagai negara penghasil biji kopi ke-empat terbesar di dunia, Indonesia memiliki keunggulan dengan sangat beragamnya jenis kopi yang dimiliki, seperti kopi Gayo, Toraja, Flores Bajawa, dan masih banyak lagi.

Banyaknya pilihan kopi yang dihasilkan di dalam negeri membuat Coffenatics, sebuah bisnis kopi asal Medan yang menjual biji kopi lokal berkualitas premium, ingin mengembangkan lebih jauh usaha kopi tersebut.

Tak hanya untuk menjalankan bisnis semata, Harris Hartanto yang mendirikan kedai kopi Coffenatics sejak tahun 2015 ini pun memiliki harapan untuk dapat memperkenalkan serta memperkuat citra kopi-kopi lokal ke seluruh Nusantara, bahkan hingga ke mancanegara.

Harris Hartanto memiliki ketertarikan pada dunia kopi sejak masa kuliahnya di Monash University, Melbourne, Australia. Ketika bertempat tinggal di Melbourne, Harris memiliki kesempatan untuk mencoba kopi dengan rasa bervariasi dan berasal dari berbagai belahan dunia. Pada saat itu, ia menyadari bahwa meski Indonesia adalah salah satu produsen kopi terbesar di dunia, kopi asli asal Indonesia justru sulit ditemukan di kota tersebut.

Berangkat dari hal tersebut, Harris pun langsung memantapkan diri untuk menekuni serta mengembangkan bisnis kopi miliknya dan menjadikan salah satu visi Coffeenatics, yaitu untuk memperkenalkan kopi terbaik Indonesia ke ranah lokal maupun internasional.

Coffeenatics tidak hanya merupakan sebuah coffee shop yang menjual kopi seperti pada umumnya. Namun, bisnis lokal ini pun menjual berbagai kebutuhan serta peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kopi seperti mesin kopi, drip scale atau timbangan, hingga saus dan sirup untuk pembuatan kopi.

Dengan menyediakan kebutuhan serta perlengkapan untuk membuat kopi, Coffeenatics ingin mendorong dan mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut membuka dan mengembangkan usaha kopi demi memasarkan lebih banyak lagi produk kopi Indonesia yang berkualitas.

Coffeenatics menyajikan kopi yang sebelumnya telah melalui proses kurasi terlebih dahulu. Mulai dari biji mentah hingga menjadi biji kopi yang siap disajikan, hampir 80% kopinya adalah kopi asal Sumatera dan 10%nya berasal dari Jawa, Aceh dan daerah lainnya. Untuk melakukan proses kurasi, Coffeenatics memiliki program adopsi yang melibatkan sejumlah petani lokal dimana tim Coffeenatics akan melakukan quality control demi mendapatkan hasil biji kopi yang berkualitas.

Dengan memberdayakan puluhan petani lokal, Coffeenatics ingin berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat di area Sumatera dan sekitarnya. Selain membuka peluang bagi para petani lokal untuk dapat terus berdaya, Coffeenatics juga kerap mengadakan kegiatan sosial.

Salah satu kegiatan sosial yang saat ini masih gencar dilakukan adalah untuk melestarikan primata siamang. Lewat program ini, Coffeenatics mengajak masyarakat untuk membeli biji kopi yang dapat membantu keberlangsungan hutan tempat siamang dilestarikan.

Sesuai dengan misi Coffeenatics yang ingin memasarkan produk kopi lokal berkualitas ke seluruh Indonesia, Coffeenatics memanfaatkan adopsi digital sebagai langkah strategisnya. Tokopedia menjadi satu-satunya kanal yang digunakan untuk menjangkau pembeli hingga masyarakat yang juga ingin memulai bisnis mereka di industri kopi.

Meski Coffeenatics juga memiliki toko offline, namun Harris dan tim tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memasarkan produknya secara online. Bagi Coffeenatics, platform online tidak hanya digunakan sebagai media penjualan produknya, tetapi juga digunakan untuk membeli kebutuhan operasional harian Coffeenatics.

Saat pandemi, penjualan Coffeenatics pun justru malah meningkat berkali-kali lipat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang mulai menekuni hobi dan ketertarikannya pada kopi. Selain biji kopi, mesin kopi pun juga menjadi salah satu produk yang paling dicari di Coffeenatics, bahkan penjualan mesin ini telah sampai ke pembeli di Papua.

Selain dapat mendorong kontribusi masyarakat lokal dalam meningkatkan perekonomian daerah, Coffeenatics pun berharap dapat melangkah lebih dekat dalam mewujudkan misi mereka untuk memperkenalkan produk kopi lokal Indonesia berkualitas lebih jauh lagi ke seluruh Nusantara.