Re.juve Terus Tunjukkan Kepedulian dalam Mengurangi Sampah Plastik Lewat 100% rPET Bottles (Foto: rejuve.co.id)

MNEWS.co.id – Sejak berdiri pada tahun 2014, jenama Re.juve yang merupakan pemimpin dan pelopor True Cold-Pressed Juice ultra-premium di Indonesia, memiliki misi ingin membantu lebih banyak orang untuk hidup lebih bahagia #LiveHappier dengan mencukupi asupan nutrisi harian melalui produk makanan dan minuman yang lezat, sehat, dan jujur, sekaligus terus berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan melalui tiga (3) pilar: #GOODforYou, #GOODforSociety, #GOODforEarth.

Memasuki usia ke-9 tahun yang jatuh pada 19 Mei 2023 lalu, Re.juve terus berkomitmen memberikan yang terbaik untuk banyak orang melalui produk-produk makanan dan minuman yang tidak hanya lezat, namun juga sehat dan jujur.

“Setiap upaya yang Re.juve lakukan selalu didasarkan pada unsur realistis agar bisa dijalankan terus menerus dan tidak hanya sebagai PR gimmicks. Karena untuk bisa membantu lingkungan sekitar, maka kita harus membantu diri kita terlebih dahulu agar bisa hidup sehat,” ujar Richard Anthony, CEO & President Director Re.juve dalam keterangan pers yang dikutip oleh MNEWS.co.id, Rabu (24/5/2023).

Untuk itu, lanjut Richard, komitmen Re.juve tidak hanya berhenti pada mempertahankan kualitas dari setiap produk makanan dan minuman, tetapi juga berkomitmen untuk menjaga bumi pertiwi melalui pilar #GOODforEarth dengan salah satu usaha untuk tidak menambah sampah plastik

Beberapa upaya #GOODforEarth Re.juve antara lain kampanye “Bring Back Your Empty Re.juve Bottle” yang telah dijalankan sejak tahun 2019, yang merupakan kampanye kolaboratif antara konsumen dan Re.juve.

Melalui kampanye ini, konsumen diajak untuk mengembalikan botol Re.juve bekas ke gerai Re.juve terdekat agar kemudian disalurkan kepada bank sampah lokal untuk selanjutnya didaur ulang menjadi benda-benda yang bernilai ekonomi bagi masyarakat sekitar, salah satunya seperti peralatan rumah tangga ataupun dakron.

Tidak berhenti di situ, pada tahun 2020, Re.juve secara serentak mengganti semua kemasan botol plastik PET yang digunakan pada seluruh varian Re.juve menjadi 100% botol Recycled-PET (rPET) berstandar food grade, yang juga dapat didaur ulang kembali menjadi benda-benda bernilai ekonomi.

“Terhitung sejak awal tahun 2020 hingga saat ini, sudah lebih dari 280 ton sampah plastik tambahan yang telah berhasil dicegah oleh Re.juve untuk berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA), laut, serta tempat-tempat lainnya. Jumlah ini sama dengan sekitar 17,5 juta buah botol air minum dalam kemasan, sehingga melalui penggunaan rPET ini, saya yakin Re.juve dapat berkontribusi lebih lagi dalam mengurangi sampah plastik secara realistis,” lanjut Richard.

Mengingat besarnya dampak plastik terhadap lingkungan, pilar #GOODforEarth merupakan bukti nyata yang secara realistis dapat dilakukan oleh Re.juve dalam misinya untuk Menuju 0 Sampah (Towards Zero Waste).

Salah satunya adalah untuk pengurangan sampah plastik yang memang memiliki tingkat urgensi tinggi, tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia.

“rPET dalam hal ini memiliki peranan penting untuk mencapai tujuan tersebut, semoga penggunaan rPET ke depannya dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan kebijakan pemerintah dalam mengatasi sampah plastik, di antaranya seperti regulasi yang mewajibkan penggunaan recylcled plastic (rPET), serta semakin banyaknya fasilitas pengolahan sampah plastik yang memadai,” tutup Richard.