OPREK, Fasilitasi Pelaku Ekraf Tingkatkan Kemampuan Fotografi

Dewi Fadhilah Soemanagara | 20 Juni 2019, 11:08 WIB

Tanjung Pinang, MNEWS.co.id – Setelah sebelumnya diadakan di Kota Jambi, tahun ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali mengadakan Workshop Operasional dan Teknik (OPREK) Fotografi di Kota Tanjung Pinang.

Melalui Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan, Bekraf melaksanakan kegiatan OPREK di Comforta Hotel, Tanjung Pinang KM No.10, Batu IX, Kota Tanjung Pinang. Kegiatan tersebut berjalan selama empat hari, yakni sejak Rabu (19/6/2019) hingga Sabtu (22/6/2019).

Kota Tanjung Pinang dipilih Bekraf sebagai tujuan utama dilaksanakannya OPREK karena banyaknya Asosiasi kreatif di Tanjung Pinang yang berkembang sepanjang tahun terutama asosiasi Fotografi. Asosiasi kreatif ini tentu memberikan dampak yang sangat positif bagi pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Sebagai lembaga pemerintah yang bertugas meningkatkan perkembangan ekonomi kreatif, Bekraf turut mengambil bagian penting dalam peningkatan industri kreatif di semua wilayah Indonesia, termasuk kota Tanjung Pinang.

Kepala Subdirektorat Edukasi Subsektor Ekonomi Kreatif, Toar R.E. Mangaribi mengatakan, kegiatan ini diadakan agar subsektor fotografi tumbuh subur di Tanjung Pinang, dan mendapat dukungan dari Pemda setempat.

Narasumber dan peserta acara OPREK berfoto bersama di Comforta Hotel Tanjung Pinang,
Rabu (19/6/2019). (JAN)

“Diharapkan acara ini dapat ditindaklanjuti oleh Dinas dan Instansi terkait di daerah secara terus menerus dengan melakukan pendampingan pada masyarakat, agar mencapai hasil yang optimal,” ujar Toar dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.

Dengan OPREK, akan semakin banyak pelaku kreatif khususnya fotografer handal yang lahir dari Tanjung Pinang. Fotografer merupakan profesi yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, karena sejatinya seorang pelaku kreatif tidak hanya berkarya untuk kepuasan diri sendiri, namun juga dapat berkarya dan berbagi bagi banyak orang.

Selain itu, penyelenggaraan OPREK dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan, juga menyiapkan para fotografer siap menghadapi uji sertifikasi. Dengan demikian diharapkan agar asosiasi kreatif fotografi dapat meningkatkan kualitas anggota asosiasinya sehingga dapat lebih berperan dalam pengembangan ekonomi kreatif.

Pemateri yang mengisi acara OPREK berasal dari Akademisi dan kalangan profesional atau praktisi yang telah berpengalaman dan memiliki reputasi di bidangnya. Di antaranya yaitu Dosen IKJ dan Fotografer Priadi Soefjanto dan Eddy A. Suryatin, Art & Creative Director dan Fotografer Carlo A. Kawilarang, Akademisi dan Fotografer Dewi Sartika Bukit, serta Trainer PT Datascrip Januardo Henry Salvety. Sedangkan para pesertanya yang berjumlah 50 orang merupakan profesional di bidang fotografi, berasal dari perguruan tinggi atau asosiasi fotografi yang memiliki portofolio atau hasil karya untuk bisa diseleksi.

 

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar