MNEWS.co.id – Dalam momentum Hari Gizi Nasional 25 Januari 2023, Tokopedia mencatat makanan dan minuman (makmin) sehat semakin diburu masyarakat.
“Jus lemon, biji-bijian seperti chia, granola, madu hingga sereal menjadi beberapa makmin sehat yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2022,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
Tokopedia melalui kampanye Tokopedia Nyam! terus membantu pegiat usaha, khususnya UMKM makanan dan minuman (makmin) sehat dari seluruh daerah di Indonesia, untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Inisiatif Hyperlocal juga terus digencarkan untuk mendekatkan penjual, termasuk di industri makmin sehat, dengan pembeli di mana pun mereka berada.
“Contoh manifestasinya, ada Kumpulan Toko Pilihan (KTP) untuk membantu UMKM memperluas jangkauan pasar di dalam kota dan sekitarnya. Selain itu, ada Dilayani Tokopedia agar UMKM bisa menjangkau pembeli di luar kota,” jelas Ekhel.
“Ada pula fitur Bagikan Alamat yang memungkinkan masyarakat mengirim hampers, termasuk hampers makmin sehat, dengan lebih mudah melalui aplikasi Tokopedia sehingga tidak perlu memasukkan alamat yang dituju secara manual,” tambah Ekhel.
Berkat deretan inisiatif tersebut, Tokopedia mencatat berbagai temuan menarik seputar makmin sehat di 2022. Kampar (Riau), Pringsewu (Lampung), Tabanan (Bali), Dumai (Riau) dan Buleleng (Bali) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi makmin sehat paling tinggi.
Di sisi lain, wilayah dengan peningkatan penjual makmin sehat paling tinggi adalah Kotawaringin (Kalteng), Lampung Timur (Lampung), Indragiri Hulu (Riau), Bukittinggi (Sumbar) dan Musi Banyuasin (Sumsel).
Sementara itu, Bengkalis (Riau), Lampung Tengah (Lampung), Demak (Jateng), Kubu Raya (Kalbar) dan Buleleng (Bali) mengalami lonjakan pembeli makmin sehat paling tinggi pada 2022.
Loka Padang (Jakarta) dan Rumah Mocaf (Banjarnegara) adalah contoh UMKM lokal makmin sehat yang juga terus mendukung pemenuhan gizi nasional dan ketahanan kesehatan masyarakat.
Irene Umar melalui Loka Padang berinovasi dengan menciptakan berbagai olahan masakan khas Nusantara berbahan dasar nabati. Penjualan Loka Padang juga naik hingga 2 kali lipat sejak bergabung di Tokopedia.
“Kami menggandeng ahli gizi internal untuk memastikan seluruh makanan Loka Padang tetap sehat dan bergizi dengan tidak menggunakan MSG, perasa, pewarna dan pengawet,” jelasnya.
Riza Azyumarridha Azra, di sisi lain, menggandeng ratusan petani singkong melalui Rumah Mocaf untuk membuat modified cassava flour (mocaf) bebas gluten yang diolah menjadi berbagai makanan yang lebih sehat, misalnya, mie, cookies dan masih banyak lagi.
“Berkat Tokopedia, produk Rumah Mocaf yang dipasarkan dengan merek Mocafine bisa dikenal lebih banyak masyarakat, bahkan jumlah transaksi toko bisa naik 25 kali lipat di 2022,” ujar Riza.