Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MNEWS.co.id – Dalam beradaptasi dengan perkembangan konsumen dan persaingan usaha, kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Namun ternyata, sebagian besar pelaku UMKM masih belum atau kurang memahami cara menganalisis bisnis online agar usahanya berkembang.

Padahal, analisis pasar di waktu tertentu sangat penting agar UMKM bisa berkembang dan beradaptasi di masyarakat.

Simak beberapa tips analisa pasar untuk UMKM ala Tokopedia agar bisnis online dapat berkembang.

1. Pantau Produk yang Sedang Trending di Pasar
Helena menyarankan para pegiat UMKM untuk memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller. Fitur ini dapat digunakan untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris berdasarkan wilayah dan kategori.

2. Pelajari Rekomendasi Harga Produk di Pasar
Selanjutnya, para pelaku UMKM disarankan melakukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar. Dengan cara ini, harga yang ditawarkan UMKM berada dalam batas normal dan dapat bersaing.

3. Pantau performa produk
Pelaku UMKM dapat menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk untuk membantu memantau produk mana yang butuh lebih banyak diiklankan, dilengkapi informasinya, dan melakukan optimalisasi lain. Dengan begitu, sebuah produk dapat bersaing secara organik pada halaman pencarian di Tokopedia dan performa bisnis menjadi lebih maksimal. 

4. Lakukan testing penjualan
Melakukan uji coba penjualan produk dapat membantu penjual melihat produk apa yang berpotensi laris.

Misalnya, penjual bisa memberikan sampel atau produk tester yang akan diluncurkan kepada sejumlah pembeli untuk melihat antusiasme mereka.

5.Kumpulkan aspirasi pembeli 
Tokopedia menyarankan UMKM untuk menggunakan fitur Pengingat Ulasan di aplikasi Tokopedia Seller untuk mengajak pembeli menulis ulasan setelah transaksi selesai secara otomatis.
Tanggapi dan pelajari setiap masukan dengan positif karena ulasan pembeli adalah dasar untuk berinovasi agar bisa terus relevan dengan pasar.

Sitiasi pasar dan kebiasaan konsumen akan berubah seiring dengan perkembangan waktu. Dengan melakukan analisis pasar secara berkala, pelaku UMKM bisa menyiapkan strategi yang sesuai agar usahanya bisa berkembang seiring dengan perubahan tersebut.