MNEWS.co.id – Bulan Februari dikenal sebagai bulan kasih sayang, yang identik dengan perayaan Valentine dan momen berbagi hadiah. Ini adalah kesempatan emas bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan dengan strategi promosi yang tepat.
Dari produk makanan, fashion, hingga jasa dekorasi, semua bisa memanfaatkan momen spesial ini. Agar tidak ketinggalan momen, berikut adalah beberapa tips promosi agar bisnismu makin cuan di bulan kasih sayang!
1. Buat Kontes Giveaway Hari Valentine Secara Online
Ajak pelanggan untuk mengirimkan cerita cinta, ide kencan romantis, caption romantis atau foto bersama pasangan di akun media sosial usaha yang dimiliki. Pastikan juga untuk memberlakukan syarat dan ketentuan mengikuti kontes tersebut.
Misalnya, menambahkan hashtag dari nama produkmu atau berfoto bersama pasangan di outlet usaha. Strategi ini dapat membantu untuk mempromosikan produk dan meningkatkan awareness dari brand usahamu. Jangan lupa juga siapkan hadiah untuk pemenang kontes.
2. Sediakan Opsi Custom untuk Hadiah yang Lebih Personal
Pelanggan cenderung mencari hadiah yang unik dan personal. Jika memungkinkan, berikan opsi kustomisasi seperti:
– Nama atau inisial di produk
– Kartu ucapan dengan pesan khusus
– Warna atau desain khusus sesuai permintaan
Personalisasi ini dapat membuat produkmu lebih eksklusif dan diminati pelanggan.
3. Berikan Diskon Khusus Untuk Pasangan
Hadiah paling indah tentu adalah hadiah yang diberikan oleh orang yang dicintai. Sejak awal Februari, beragam jenis hadiah, kado, atau bingkisan akan mulai dicari. Oleh karena itu, pelaku usaha bisa memberikan diskon atau potongan harga spesial untuk pembeli yang sudah berpasangan, entah itu yang sudah menikah, bertunangan, ataupun pacaran. Namun, pastikan juga untuk membuat syarat dan ketentuan agar diskon yang diberikan tidak disalahgunakan oleh orang yang pura-pura punya pasangan.
4. Berbagi Kejutan Dengan Pelanggan
Ada banyak kejutan yang bisa dilakukan untuk membuat pelanggan merasa spesial di Hari Kasih Sayang nan spesial. Salah satunya adalah dengan memberikan hadiah kecil berupa kartu ucapan Valentine yang diikat pada setangkai mawar. Atau bisa juga dengan memberi kejutan sepotong cokelat kepada pelanggan saat mengantarkan pesanan atau saat mereka hendak membayar. Siapa tahu, mereka kepincut!
5. Tawarkan Paket Khusus Valentine’s Day
Terkadang beberapa orang yang merayakan Hari Valentine, tidak hanya dengan sekadar memberikan hadiah berupa barang, namun mereka juga ingin melakukan aktivitas seperti candle light dinner ataupun menonton di bioskop. Hal ini bisa dijadikan sebagai ide untuk disertakan dalam paket khusus Valentine’s Day.
6. Berbagi Konten Tentang Cinta
Ketika mendekati hari Valentine banyak orang akan tertarik dengan konten bertema cinta. Jika pelaku usaha memiliki website atau blog, mereka bisa memanfaatkan momen Valentine untuk meningkatkan traffic atau kunjungan pada situsnya. Caranya dengan menulis berbagai artikel yang berhubungan dengan cinta. Tidak harus artikel, bisa juga dengan memposting foto atau video di akun media sosial usaha yang dimiliki. Namun, pastikan semua konten bisa berhubungan secara langsung atau tidak langsung dengan produk yang ditawarkan, sehingga bisa sekaligus melakukan promosi.
7. Temukan Promo Yang Paling Sesuai Dengan Target Pelanggan
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan NRF, sekitar 49% responden mengatakan bahwa mereka bersedia membeli lebih banyak apabila mereka memperoleh ‘a really good sale or promotion’ atau promosi yang sangat bagus dan menguntungkan. Maka dari itu, sebelum memberikan promo kepada para pelanggan, pikirkan terlebih dahulu diskon apa yang sesuai dengan target pasar. Tentunya pelaku usaha juga harus memikirkan apakah promo tersebut akan membawa profit atau sebaliknya.
8. Berikan Sentuhan Khas Hari Valentine Pada Produk Yang Dijual
Warna merah atau merah muda, simbol hati dan tampilan yang memberikan kesan manis dan menggemaskan bisa digunakan untuk desain promosi produk yang ditawarkan. Meskipun yang dijual bukanlah peralatan yang berhubungan dengan Valentine, seperti gadget atau kamera. Namun dengan memberikan tampilan yang menunjukan suasana Valentine’s Day, maka secara tidak langsung pelaku usaha telah ikut serta dalam merayakan momen ini.
9. Maksimalkan WhatsApp dan Email Marketing
Jangan lupa manfaatkan WhatsApp dan email untuk mengirimkan promosi eksklusif kepada pelanggan. Gunakan copywriting yang menarik, seperti:
“Bulan kasih sayang telah tiba! Sudah siapkan hadiah spesial untuk orang tersayang? Cek promo eksklusif dari kami sekarang!”