Ilustrasi produk makanan sehat. (Foto: Tokopedia)

MNEWS.co.id – Sejak pandemi melanda, gaya hidup yang menunjang peningkatan kualitas kesehatan seperti konsumsi produk makanan sehat pun semakin diminati oleh masyarakat di kota-kota besar Indonesia yang selama ini terbiasa dengan segala sesuatu yang serba cepat dan instan, salah satunya adalah di Denpasar.

“Transaksi makanan sehat di Kota Denpasar meningkat hampir 1,5 kali lipat pada 2022 dibanding 2021. Beras putih, beras merah, biji-bijian, paket sayur, dan tempe menjadi beberapa produk makanan sehat terlaris di Kota Denpasar sepanjang 2022,” ucap Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Melalui salah satu turunan inisiatif Hyperlocal Tokopedia Nyam!, Tokopedia terus membantu pegiat usaha, khususnya UMKM lokal makanan minuman sehat dari seluruh daerah di Indonesia, termasuk para penjual di kota Denpasar, untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

“Gencarnya Inisiatif Hyperlocal yang dihadirkan Tokopedia terus mendorong kenaikan jumlah produk makanan sehat sebanyak lebih dari 1,5 kali lipat pada 2022 dibanding 2021 melalui kampanye Tokopedia Nyam! khusus Kota Denpasar,” jelas Rizky.

Di sisi lain, Tokopedia juga menyebutkan bahwa wilayah dengan peningkatan transaksi makanan sehat tertinggi di awal tahun 2023 terjadi di Denpasar Timur, Denpasar Selatan, dan Denpasar Barat. Sedangkan pengiriman produk makanan sehat dari Kota Denpasar ke Kota Medan menjadi rute terjauh selama 2022.

Salah satu UMKM lokal asal Bali, Puri Organic yang semula mengandalkan strategi business to business alias hanya menjual produk beras ke pihak hotel, memutuskan berjualan online sejak penjualan menurun akibat pandemi. Meski khawatir karena produk cukup berat dan memengaruhi biaya ongkir, Puri Organic mengaku justru mendapat keuntungan melalui berjualan online.

“Kami memutuskan mulai membuka toko online di Tokopedia pada Februari 2021. Sejak itu, penjualan kami pun terus meningkat, dan rata-rata omzet per bulan bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan. Bahkan, pada Desember 2022, produk beras Puri Organic terjual lebih dari 1 ton, dan tercatat sebagai penjualan tertinggi dari Tokopedia,” ucap pemilik Puri Organic, Ngurah Bagus Indra.

Tingginya omzet ini pun tidak terlepas dari upaya Puri Organic yang rutin menggunakan beragam fitur di Tokopedia. Seperti Bebas Ongkir dan Paket Bundling, serta turut aktif mengikuti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB).

“Bahkan berkat WIB, kami mendapatkan kenaikan penjualan hingga 15% setiap bulannya,” tambah Bagus.

Selain itu, lanjut Bagus, melalui kanal penjualan online, jangkauan pasar dari Puri Organic pun menjadi lebih luas.

“Tercatat pengiriman ke Kalimantan menjadi rute paling jauh. Harapannya lewat platform teknologi seperti Tokopedia, masyarakat dapat semakin mudah dalam mengakses makanan sehat termasuk produk beras kami,” ungkap Bagus.

Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal berkomitmen untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hingga mendukung perkembangan para pelaku UMKM seluruh Indonesia, tak terkecuali UMKM di Kota Denpasar, Bali.

“Demi terwujudnya misi pemerataan ekonomi nasional secara digital di berbagai wilayah Indonesia,” tutup Rizky.