Ilustrasi pelaku UMKM mencoba mengambil foto produk di Light Box yang dibuat sendiri. Foto: (dok/MNEWS)

MNEWS.co.id – Dalam menjual produk secara online, presentasi visual yang menarik adalah kunci untuk menarik minat calon pembeli. Salah satu cara untuk menghasilkan foto produk yang profesional adalah dengan menggunakan light box.

Light box adalah kotak yang dilengkapi dengan pencahayaan yang merata, memungkinkan pelaku UMKM untuk menghasilkan foto produk yang terang dan jelas dengan latar belakang yang bersih.

Cara membuat light box ini pun tidak sulit. Cukup menggunakan kardus bekas, ukurannya disesuaikan dengan produk yang ingin difoto. Prinsipnya dalam membuat light box, kardus harus diposisikan sebagai sebuah ruangan kecil semacam ‘mini studio’ untuk meletakkan produk di dalamnya. Cahaya dengan intensitas yang sama diarahkan dari sisi kanan dan kiri ke bagian dalam kardus.

Yuk, simak cara bagi para pelaku UMKM yang ingin menghemat biaya untuk bisa membuat light box buatan sendiri dengan memanfaatkan peralatan yang ada di rumah.

Berikut langkah-langkah membuat light box:

  1. Ambil box, sesuaikan ukurannya dengan produk yang ingin difoto
  2. Rekatkan bagian tengah box dengan lakban hingga tertutup rapat
  3. Buka bagian depan
  4. Garis sekitar 3 cm dari pinggir box di sisi kiri dan kanan, gunakan penggaris panjang untuk menciptakan garis yang tidak terputus
  5. Potong bagian depan.
  6. Tutupi bagian yang telah dipotong dengan kain putih/kertas minyak putih
  7. Masukkan karton untuk background (sesuaikan dengan produk, biasanya warna yang digunakan adalah putih atau hitam)
  8. Tambahkan cahaya lampu LED di sisi kanan/kiri/atas utk penerangan di dalam box
  9. Cobalah ambil gambar dan atur selera sesuai eksposure.

Demikian tips DIY (Do It Yourself) Light Box yang bisa dicoba di rumah atau di mana saja. Untuk lebih lengkapnya, bisa mencontek langkah-langkahnya di sini