Ilustrasi pelaku usaha dan konsumen. (Foto: Pawoon)

MNEWS.co.id – Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memahami customer journey dan membangun relasi yang baik dengan konsumen adalah salah satu faktor pendukung keberhasilan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dengan mengoptimalkan setiap tahap customer journey dan memberikan pengalaman yang memuaskan, UMKM dapat memenangkan hati konsumen serta memperkuat basis pelanggan.

Dengan banyaknya produk yang sejenis juga mendorong pelaku UMKM untuk mampu lebih kreatif dan menawarkan keunikan tersendiri yang menjadi nilai tambah dari produknya.

Memahami customer journey sebagai bagian dari proses pembangunan relasi dan kedekatan dengan konsumen dapat menjadi cara bagi pelaku UMKM dalam memberikan nilai tambah tersebut.

“Oleh karena itu bukan hanya sekadar menjual, pemilik brand harus peka dalam memahami tingkah laku dan kebiasaan konsumen, lalu menjadikannya dasar dalam menciptakan sebuah customer experience,” ucap Arto Biantoro, Brand Activist dan pendiri Brand Adventure Indonesia.

Meskipun memiliki keterbatasan sumber daya dan skala yang lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan besar, UMKM memiliki keunggulan dalam fleksibilitas dan kecepatan dalam menghadapi perubahan pasar.

Dengan memahami pentingnya customer journey serta bagaimana membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dapat menjadi kekuatan tersendiri bagi pelaku UMKM untuk dapat bertahan dan berkembang.