Ilustrasi foto produk pakaian. (Foto: Tony Hartawan)

Jakarta, MNEWS.co.id – Salah satu kunci sukses bisnis online pakaian adalah dengan memberikan gambar atau foto yang menarik. Melalui foto yang menarik pembeli akan tertarik dan mulai melihat apa saja produk yang Anda jual. Oleh karena hal inilah Anda sebagai pelaku bisnis online wajib tahu bagaimana cara foto produk pakaian yang menarik.

Memotret produk berupa pakaian tidak bisa dilakukan sembarangan. Asal-asalan dalam memotret akan membuat hasilnya jelek dan kurang menarik. Sebenarnya, apa sih, manfaat punya foto produk yang bagus? Selain menaikkan jumlah kunjungan halaman produk, foto produk menjadi kunci untuk membuat konsumen tertarik membelinya dan memiliki pengaruh terpenting bagi penjualan, terutama pada bisnis fashion.

Untuk Anda yang baru mulai bisnis pakaian online wajib tahu bagaimana tips foto produk fashion seperti dikutip dari Moka.

1. Pasang foto utama dengan background polos
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Sellury pada Agustus 2021 pada suatu platform e-commerce, foto produk dengan background polos menunjukkan hasil “Total Kunjungan Halaman Produk” lebih banyak 312% dari foto produk biasa.

Meskipun kondisi penjualan lainnya seperti nama, deskripsi dan harga produk sama, penjualan Anda bisa meningkat jauh. Hal ini hanya karena foto dengan background polos terlihat lebih profesional dan menjanjikan di mata calon pembeli.

2. Atur warna produk semirip mungkin dengan warna aslinya
Anda perlu membuat warna foto produk baju secantik mungkin agar menarik untuk dilihat. Namun, jangan lupa bahwa foto produk tidak seperti foto model atau pemandangan. Anda perlu menonjolkan warna produk, bukan hanya membuat warna foto menjadi cantik.

Maka dari itu, perlu pemilihan filter atau adjustment yang tepat pada sebuah foto produk. Namun kenyataannya banyak orang yang belum mengerti betul fitur-fitur adjustment dan malah membuat warna foto tidak sesuai dengan produk aslinya. Cukup manfaatkan fitur AI Filter, Anda dapat memilih salah satu filter hasil rekomendasi AI untuk mempercantik sekaligus menonjolkan warna produk.

3. Hindari penggunaan zoom
Tips foto produk baju selanjutnya adalah sebaiknya Anda tidak menggunakan mode Zoom ketika sedang memotret. Sebab jika Anda memperbesar gambar, bisa jadi foto yang dihasilkan bisa pecah atau blur karena resolusinya yang rendah. Untuk itu, lebih baik Anda memfoto produk dalam jarak dekat.

Ketika melakukan foto produk, Anda bisa menggunakan kamera apa pun dengan resolusi tinggi. Tak perlu kamera mahal, kini sudah banyak smartphone yang mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi.

4. Ambil foto dari berbagai sisi & manfaatkan tripod
Untuk menampilkan produk dari beragam sisi, penting untuk memotretnya dalam beragam angle. Misalnya, foto dari sisi atas, dari depan, atau foto beberapa detail lainnya seperti pola baju, bahan pakaian, model kerah, dan lain sebagainya. Selain itu, semakin banyak foto diambil dari berbagai sisi, pembeli jadi punya gambaran lebih detail mengenai produk baju yang hendak mereka beli.

Dengan demikian, kepercayaan pembeli juga akan semakin meningkat. Anda juga disarankan untuk menggunakan tripod atau menggantungkan produk untuk hasil yang lebih stabil dan konsisten dalam menjaga ketinggian, kedekatan, dan sudut kamera.

5. Gunakan model & mode portrait
Jika Anda ingin menghasilkan foto produk baju dengan konsep lifestyle, mungkin Anda bukan hanya memfoto bajunya saja. Anda bisa memasangkannya dengan sepatu, tas, aksesoris, dan lainnya, untuk dipakai oleh model.

Tujuan utamanya adalah agar produk yang dijual dapat terlihat setelah dipakai secara langsung, sekaligus memberikan kesan realistis bagi calon pembeli. Jangan lupa juga untuk menggunakan mode portrait yang dapat memberikan efek latar belakang yang blur serta dapat memberikan fokus lebih pada objek foto.