Ilustrasi pelanggan. (Foto: Pixabay)

MNEWS.co.id – Menghadapi komplain pelanggan bukanlah hal yang mudah bagi setiap pelaku usaha, baik skala kecil maupun besar.

Sebaik pelaku usaha, menangani keluhan pelanggan yang kecewa tidak cukup hanya dengan sikap tenang dan sabar. Kita pun harus menanggapi keluhan tersebut dengan kata-kata yang tepat. Karena jika kita menanggapinya dengan cara yang kurang tepat, bisa-bisa reputasi dari usaha yang kita rintis justru bisa berkurang.

Lantas, bagaimana sih cara yang bisa dilakukan oleh pelaku UMKM untuk menghadapi komplain pelanggan dengan tepat? Simak cara menghadapi komplain pelanggan berikut ini yang telah kami rangkum dari Stellar Women!

1. Dengarkan dengan tenang
Pertama, coba untuk mendengarkan komplain pelanggan dengan tenang dan menyimak perkataannya. 

Walaupun pelanggan sedang marah-marah, misalnya, kamu tetap harus menunjukkan sisi profesional kamu dengan sebaik mungkin.

Jangan lupa catat poin-poin keluhan mereka untuk bisa jadi bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas produk atau pelayanan, ya!

2. Ucapkan permintaan maaf dan terima kasih
Jangan lupa untuk mengucapkan maaf dan berterima kasih terlebih dulu setelah kamu mendengarkan komplain dari pelanggan.

Dengan meminta maaf, pelanggan mungkin akan merasa sedikit lebih tenang dan menyadari bahwa kamu terbuka dengan komplain yang diberikan.

3. Berikan solusi
Setelah mendapatkan informasi dari pelanggan, kamu bisa lanjut menanyakan detail keluhan yang ingin diselesaikan bersama. Dengan demikian, kamu bisa mencari solusi yang tepat. 

Selanjutnya, pastikan pelanggan juga merasa puas dengan solusinya, ya.

4. Jadikan sebagai evaluasi agar menjadi lebih baik ke depannya
Terakhir, jadikan kritikan dan komplain pelanggan sebagai bahan untuk mengevaluasi usahamu.

Jadikan ini sebagai pelajaran untuk meminimalisir kesalahan di masa depan yang membuat usahamu dapat menjadi lebih maju dari sebelumnya.

Mudah-mudahan dengan cara menghadapi komplain pelanggan di atas, bisnismu menjadi semakin maju, ya!