Ilustrasi.

Jakarta, MNEWS..co.id – Bulan Ramadan dan perayaan Lebaran telah selesai. Mungkin banyak dari pelaku UMKM yang merasakan peningkatan omzet dari momentum Lebaran. Lantas, bagaimana cara menjaga momentum ini agar penjualan tidak anjlok usai Lebaran?

Yuk, simak beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar penjualan tidak anjlok setelah momentum Ramadan dan Lebaran selesai.

Luncurkan Produk/Layanan Baru
Lakukan inovasi dengan mengeluarkan produk atau layanan baru dari usahamu. Misalnya, jika memiliki usaha kuliner, kamu bisa mengeluarkan menu baru untuk dihadirkan ke pelanggan. 

Atau jika memiliki usaha fesyen, keluarkan koleksi baru sebagai peralihan dari suasana sebelum ke setelah Lebaran.

Kamu jika bisa mencoba meluncurkan layanan yang belum pernah ada di tokomu sebelumnya, baik toko online atau offline.

Buat Promo Baru atau Perpanjang Periode Diskon
Jika strategi promo yang kamu lakukan saat Ramadan terbukti ampuh untuk mendongkrak penjualan, coba perpanjang promo tersebut walaupun Lebaran telah selesai.

Manfaatkan momentum seperti tanggal kembar atau hari gajian untuk kembali mencoba strategi promo tersebut.

Jual Produk dengan Harga Paket
Masih punya stok barang saat Ramadan? Daripada hanya menumpuk dan menjadi dead stock, coba habiskan dan jual produk dengan harga paket agar pelanggan lebih tertarik untuk membeli.

Menjaga pengalaman berbelanja pelanggan memang dibutuhkan agar pembeli setia ataupun calon customer baru tertarik untuk membeli produk kita.

Semoga tips di atas dapat membantumu dalam menjaga agar penjualan tidak anjlok walaupun momentum Ramadan dan Lebaran telah selesai.