Ilustrasi Media Sosial. (Foto: Freepik)

MNEWS.co.id – Berdasarkan laporan dari We Are Social ada 4,76 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia per Januari 2023. Di Indonesia sendiri, ada sebanyak 167 juta orang pengguna aktif media sosial pada Januari 2023. Jumlah tersebut setara dengan 60,4% dari populasi di dalam negeri.

Dari data tersebut, media sosial tetap menjadi platform yang memiliki banyak potensi sebagai ruang marketing bagi pebisnis dalam berbagai skala usaha, terutama bagi pelaku UMKM.

Karakteristik media sosial yang berkembang mengikuti tren, tentunya membuat pelaku UMKM harus selalu siap untuk bisa beradaptasi. 

Lalu, bagaimana caranya supaya strategi marketing media sosial kita bisa berhasil di 2023, ya?

Yuk, simak tipsnya berikut ini yang telah kami rangkum dari Stellar Woman.

Lakukan evaluasi media sosial secara berkala 
Kamu nggak perlu muncul di semua tempat, loh! Coba evaluasi kembali performa aktivitas digitalmu satu tahun kemarin. Media sosial apa saja yang memiliki respon paling baik contohnya jumlah followers dan  interaction seperti likes, share, comment. 

Dikutip dari Stellar Woman, Sprout Social menjelaskan kalau di 2022 terjadi segmentasi pengguna. Pengguna di generasi milenial-baby boomer cenderung menggunakan Instagram dan Facebook, sedangkan kalangan muda lebih banyak menyukai TikTok. 

Nah, coba deh cek kembali siapa target pasarmu dan di platform apa mereka paling banyak berada. 

Buat konten berantai
Di 2023 ini yang diprediksi akan menjadi salah satu tren adalah konten seri. Kamu bisa ciptakan beberapa konten video untuk 1 topik dan upload secara berkala. Angkat topik edukasi misalnya clip dari produk mini course-mu maupun entertainment tentang daily progress kegiatan yang menarik dan menginspirasi. 

Utamakan soft selling
Gunakan cerita yang menarik misalnya menggunakan sisi humanis atau cerita yang edukatif. Konsumen akan mengapresiasi atas usaha tulusmu untuk menawarkan produk daripada sekonyong-konyong ditodong untuk membeli sesuatu.

Fokuskan platform-mu untuk membangun awareness, komunitas, dan informasi yang berguna.

Gunakan media sosial secara personal
Tentunya kamu dituntut untuk selalu mengikuti tren. Tetapi di saat yang bersamaan, kamu juga harus menunjukkan bahwa konten yang sedang kamu buat ini juga personal. 

Semakin personal dan relevan konten tersebut, konsumen akan semakin tertarik karena kebutuhannya tercermin dari kontenmu.

Nah, itu dia 4 strategi marketing media sosial yang diprediksi akan memiliki performa yang baik di 2023. 

Selamat mencoba!