Ilustrasi. (Foto: Cek Aja)

MNEWS.co.id – Merintis bisnis bersama teman tentulah terdengar menyenangkan. Selain telah memiliki kedekatan personal, komunikasi yang sudah terjalin diharapkan dapat membantu menjalankan fungsi bisnis secara lebih efisien.

Dalam pandangan masyarakat, bahkan para pebisnis pada umumnya, bisnis bersama teman atau keluarga memang terasa lebih aman bila dibandingkan berbisnis bersama dengan orang lain. Karena sudah tahu betul karakter satu sama lain, berbisnis bersama teman atau keluarga menjadi lebih terpercaya.

Namun selain banyak nilai positifnya, bisnis bersama teman atau keluarga juga memiliki beberapa hal yang patut diperhatikan, khususnya bagi anda yang ingin memulai dan membuka bisnis. 

Dalam beberapa kasus, karena adanya rasa kekeluargaan, terkadang ada satu dan beberapa partner yang cenderung seenaknya dalam menjalankan bisnis. Sehingga muncul rasa nggak enakan pada partner lain untuk menegurnya karena adanya kedekatan hubungan personal tadi.

Ini dia beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membangun bisnis bersama teman yang telah kami rangkum dari Stellar Women.

Menentukan visi misi bersama
Agar sukses memulai bisnis bersama teman, kamu harus menyesuaikan visi dan misimu dalam berbisnis. 

Visi dan misi kalian berdua harus sejalan.

Hal ini bertujuan agar kamu dan temanmu mampu mengambil keputusan di masa depan yang sejalan.

Tentukan bentuk relasi
Banyak pengusaha yang menganggap bahwa partner bisnis merupakan orang yang dapat dipercaya hanya sebatas urusan bisnis saja.

Namun, ada juga orang yang merasa bahwa diperlukan hubungan yang jauh lebih dekat dengan partnernya untuk bisa membangun keselarasan.

Tidak ada yang salah dan benar, tetapi kamu harus menentukan hal ini dengan partnermu nantinya. 

Kenali kelebihan dan kekurangan masing-masing
Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk kamu dan teman bisnismu. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjadi partner bisnis, pastikan kalian bisa saling melengkapi satu sama lain, ya.

Misalnya, kamu bisa mengurus keuangan, sedangkan partner bisnis kamu membangun relasi. Karena sama-sama pandai dalam masing-masing hal tersebut, maka kalian bisa berbagi peran dan tanggung jawab dalam menjalankan bisnis bersama-sama.

4. Pastikan ada perjanjian dan kontrak yang jelas
Sedekat apapun hubungan dengan temanmu, kontrak dan perjanjian bisnis tetap penting untuk dibuat.

Hal ini perlu dilakukan agar kedua belah pihak dapat memahami hak dan kewajiban masing-masing dalam berbisnis. Dengan demikian, masalah yang mungkin muncul di masa depan dapat dicegah.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membangun bisnis bersama teman. 

Jangan lupa untuk selalu menjaga komunikasi satu sama lain dan pisahkan masalah personal dengan profesional, ya.