Ilustrasi strategi pemasaran. (Foto: Freepik/rawpixel.com)

MNEWS.co.id – Sebagai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pasti sudah paham jika pemasaran merupakan salah satu kunci penting dalam kesuksesan suatu bisnis.

Ketika pelaku UMKM ingin meluncurkan suatu produk, maka tidak bisa langsung begitu saja dilempar ke pasaran. Diperlukan persiapan serta “racikan khusus” agar produk tersebut bisa menarik perhatian pasar.

Di sinilah pentingnya peran dari strategi pemasaran yang tepat dalam memperkenalkan produk kamu ke target audiens.

Strategi dalam melakukan proses pemasaran dikenal sebagai bauran pemasaran atau marketing mix. Salah satunya adalah konsep 7P.

Apa sih marketing mix 7P itu? Simak penjelasannya berikut ini yang telah kami rangkum dari Stellarwomen.

Product
Kunci keberhasilan pemasaran produk adalah barang dan jasa yang harus bisa menjawab kebutuhan konsumen. Ciptakan produk yang bisa menarik konsumen dan memberikan solusi atas masalah yang mereka hadapi.

Price
Harga juga menjadi salah satu aspek yang tidak kalah penting. Karena konsumen seringkali menggunakan harga sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan proses pembelian.

Harga jual harus sesuai dengan harga pasar, tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu rendah sehingga konsumen merasa worth it dari segi pengorbanan dan manfaat yang didapatkan.

Place
Menentukan tempat yang tepat untuk menjual produk sangat penting untuk meningkatkan pembelian. Makin strategis tempat bisnis kamu, makin besar juga keuntungan yang akan didapatkan.

Cari lokasi penjualan yang sesuai dengan target pasar atau gunakan marketplace yang tepat, ya!

Promotion
Tujuan utama dari promosi adalah supaya konsumen lebih mengenal dan tertarik untuk membeli produk. Di era digital, strategi pemasaran dengan promosi sangatlah mudah karena media sosial dapat membantu kamu. Pastikan kamu memilih media yang paling efektif ya!

People
Bukan rahasia lagi bahwa dalam membentuk bisnis yang sukses, dibutuhkan sumber daya manusia yang kuat.

Inilah mengapa berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk mencari kandidat pekerja terbaik. Dalam mencari SDM, kamu harus memperhatikan attitude dan motivasi mereka.

Process
Bisnis harus mengutamakan aspek proses karena proses berhubungan langsung dengan konsumen. Elemen ini merupakan pengalaman konsumen mulai dari awal pengenalan produk hingga proses pembelian produk.

Physical Evidence
Kamu tidak boleh mengganggap remeh kekuatan dari visual. Perhatikan kemasan dari produk yang telah dibuat.

Ingat bahwa kesan pertama di mata konsumen adalah dari kemasan. Kemasan yang menarik dapat menjadi daya tarik konsumen.

Bagaimana? Sudah siap menguasai teknik pemasaran 7P untuk perkembangan bisnismu?