Ilustrasi santripreneur. (Foto: bing.com/images)
Ilustrasi santripreneur. (Foto: bing.com/images)

MNEWS.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Banyuanyar berkolaborasi mencetak santri unggul dan profesional dalam menghadirkan konten kreatif melalui program unggulan Kemenparekraf Santri Digital Preneur.

Usai menghadiri acara Wisuda ke-2 STAI Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (18/12/2022), Sandiaga mengatakan, santri memiliki peran sentral dalam pengembangan ekonomi di tanah air. Utamanya dalam menghadapi tantangan ekonomi yang bertransformasi ke arah digital.

“Tahun depan kita akan merangkul ponpes Darul Ulum Banyuanyar ini untuk mencetak santri-santri yang akan memimpin baik dari segi iptaq (iman dan taqwa) dan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi). Khususnya menciptakan konten konten kreatif 3D, 2D, termasuk podcast. Ini yang kita harapkan mencetak begitu banyak peluang usaha dan lapangan kerja,” ujar Menparekraf.

Dalam program Santridigtalpreneur, jelas Sandiaga, para santri dibekali ilmu digitalisasi dengan tren kekinian yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing. Hingga saat ini program Santridigitalpreneur baru menyentuh 20 persen dari lima juta santri yang tersebar di  28 ribu lebih pondok pesantren di Indonesia.

“Namun dengan berkolaborasi dan menghilangkan egosektoral. Kami yakin bisa mencapai angka 70-80 persen dari dua tahun kedepan,” kata Menparekraf Sandiaga.