MNEWS.co.id – Dalam berbisnis, membuat konten marketing yang menarik merupakan sesuatu hal yang sangat diperlukan agar bisnismu semakin maju. Melalui konten marketing yang menarik, pelaku UMKM akan lebih mudah menciptakan hubungan yang kuat dengan para konsumen.
Strategi content marketing adalah pendekatan pemasaran untuk menarik dan mempertahankan target audience dengan cara memproduksi konten yang relevan dan memikat konsumen.
Pelaku UMKM dapat memanfaatkan konten untuk membangun relasi dengan target audience. yang ingin dituju dan berkomunikasi dengan mereka.
Dengan adanya relasi dan komunikasi dua arah dari target audience dengan brand, maka secara perlahan akan terbangun kepercayaan. Oleh sebab itu, pelaku UMKM membutuhkan strategi sebelum memproduksi konten marketing untuk bisnismu.
Ada tiga komponen atau elemen utama yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi konten marketing agar kamu buat bisa menyasar ke target audience serta bisa berkomunikasi dengan mereka.
Kombinasi tiga komponen tersebut dapat membantu untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu dan meningkatkan penjualan.
Yuk, ketahui tiga komponen yang perlu ada dalam menyusun strategi konten marketing.
1. Brand Focus
Komponen pertama dalam menyusun strategi konten marketing adalah brand focus. pedoman yang kamu pegang dalam membuat konten. Dengan brand focus, semua konten yang kamu produksi akan senada dan tidak melenceng dari tujuan serta brand positioning. Brand focus menuntun pelaku UMKM untuk membuat strategi konten dengan hasil dan pencapaian yang sesuai dengan tujuan usaha.
2. User Experience
Membuat konten artinya kita sedang berbicara dengan target audience. Oleh sebab itu, yang diinginkan adalah agar konten kamu dapat dimengerti dan menarik mereka. Kamu mau melibatkan target audience dengan konten-konten yang relevan dengan mereka.
Fokuskan kepada apa yang membuat target audience mengklik suatu konten? Apa yang dapat membuat mereka tidak segera meninggalkan suatu konten? Apa yang paling mereka pedulikan saat mengevaluasi suatu brand atau produk?
3. Distribusi Konten
Distribusi merupakan bagian dari kunci dari keberhasilan strategi konten marketing. Kapan, di mana, dan bagaimana kamu mempublikasikan konten merupakan hal yang vital dan harus dipertimbangkan matang-matang. Karena hal ini akan memengaruhi tingkat engagementaudience dengan brand kamu.
Pilihlah kanal media yang sesuai dengan tujuan brand dan profil audience. Dalam distribusi konten, frekuensi adalah hal yang penting untuk kamu perhatikan. Jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak konten yang kamu distribusikan.
Nah, ketiga komponen ini perlu dikombinasikan dan dihadirkan dalam setiap konten marketing yang akan diproduksi agar pesan dapat tersampaikan serta target audience bisa merasa relevan dan terkoneksi dengan brand kamu.