Ilustrasi kue lebaran. (Foto: Anak Dagang.com)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kue kering kerap menjadi salah satu hidangan yang wajib disajikan di meja ruang tamu atau keluarga saat hari raya Lebaran. Bukan hanya itu saja, saat ini kue kering juga dijadikan sebagai parsel atau bingkisan untuk diberikan kepada orang lain.

Dengan begitu, tidak sedikit orang yang memanfaatkan momen tersebut dengan membuka peluang usaha kue kering. Hal ini tentu terdapat beberapa faktor yang membuat dirinya yakin untuk menjalankan usaha tersebut, di antaranya selain memiliki keahlian membuat kue, kini banyak orang yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga mereka lebih baik membeli kue yang sudah jadi daripada harus repot-repot membuat kue sendiri.

Dikutip dari Jurnal.id, berikut ini beberapa tips sukses berbisnis kue kering terutama di saat menjelang hari raya Lebaran.

1. Memahami ilmu membuat kue kering
Sebelum memulai bisnis kue kering, ada satu hal penting yang harus Anda kuasai. Hal tersebut adalah tentang keterampilan Anda dalam membuat kue kering. Jika Anda masih dalam tahap belajar, Anda dapat mempelajari cara membuat kuemelalui tutorial video, membaca buku resep, ataupun dengan mengikuti training khusus pembuatan kue. Cara pembelajaran yang paling disarankan adalah mengikuti training khusus pembuatan kue kering. Dengan mengikuti training pembuatan kue kering, Anda akan lebih mudah untuk membuat kue dengan baik.

2. Membidik pasar yang tepat
Sebagai pemula, ada trik khusus untuk membidik pasar yang tepat. Salah satunya adalah memulai dengan orang-orang terdekat di lingkungan Anda. Sebelum menawarkan produk kue kering Anda, berikan sampel untuk dicicipi. Apabila orang-orang terdekat menyukai produk kue kering Anda, mereka akan memesan atau mempromosikan dari mulut ke mulut dengan senang hati.

3. Inovasi produk kue kering
Mengejar kesuksesan dan omzet yang besar bukan hanya terbatas pada menjaga kualitas produk. Tetapi juga perlu berinovasi pada produk tersebut. Kalau biasanya bentuk kue kering Lebaran tampak kaku, seperti nastar yang berbentuk bulat atau kastangel yang berbentuk kotak panjang, mungkin Anda harus keluar dari bentuk-bentuk itu. Anda dapat melakukan inovasi terbaru untuk mempercantik bentuk kue kering. Dengan begitu, produk kue kering Anda akan lebih menarik dan berbeda dari produk pesaing. Selain bentuknya yang lucu dan menarik, cara ini dapat menambah nilai jual produk Anda.

4. Memberikan kemasan yang menarik
Kebiasaan banyak orang saat melihat suatu produk adalah menilai dari kemasannya. Kemasan yang menarik akan memiliki potensi lebih laku di pasaran. Oleh karena itu, jangan biarkan produk kue kering Anda dikemas seadanya. Berbagai macam bentuk toples kedap udara yang beredar di pasaran dapat menjadi alternatif pilihan. Jika Anda ingin menambah nilai jualnya, maka gunakan toples yang berkualitas baik seperti berbahan mika. Jangan lupa untuk menambahkan juga merek dagang Anda untuk memperkuat branding.

5. Berlaku jujur dan tidak curang
Demi mendapatkan omzet besar, banyak orang memangkas pengeluaran bahan baku dengan cara-cara yang tidak halal. Misalnya, memakai bahan pengawet atau pewarna yang bukan khusus untuk makanan, atau mengurangi timbangan. Cara-cara tersebut tentu saja harus dihindari. Selain itu, jika ingin bisnis Anda berumur lebih panjang, perlakukan calon konsumen seperti diri Anda. Pakailah bahan-bahan terbaik sesuai modal yang Anda miliki dan perhatikan masa kedaluwarsa agar kue kering Anda aman dikonsumsi.

6. Memasarkan produk dengan tepat
Ada banyak cara untuk memasarkan produk kue kering Anda. Anda dapat menawarkan produk kepada calon pembeli dan buktikan bahwa pemesanan dapat dilakukan dengan mudah. Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Selain dinilai lebih praktis, cara ini tidak membutuhkan biaya yang mahal. Anda dapat membuatkan situs ecommerce untuk produk kue kering Anda. Selain itu, Anda juga dapat beriklan di media sosial. Untuk sukses pada pemasaran ini, Anda harus merespon calon pelanggan dengan cepat dan ramah. Lampirkan foto dengan angle yang menarik serta deskripsi singkat.

Usaha kue kering menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Bisnis yang satu ini memiliki potensi yang besar, mengingat permintaan konsumen yang cukup tinggi terlebih lagi jika memasuki masa puasa hingga menjelang lebaran. Jika musim lebaran atau perayaan lain tiba, permintaan akan kue kering begitu besar dan meningkat drastis dan pastinya omzet juga akan meningkat pula.