Merancang Model Bisnis Agar Usaha Semakin Berkembang
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Jakarta, MNEWS.co.id – Dalam membangun sebuah bisnis, tentu pelaku usaha akan membutuhkan strategi. Salah satu strategi awal yang perlu dilakukan adalah membuat model bisnis (business plan). Membuat model bisnis sangatlah penting agar produk yang dipasarkan sesuai dengan target.

Model bisnis adalah suatu cara sederhana untuk mengggambarkan bisinis yang Anda pikirkan. Model bisnis bukan hanya sebuah rencana bisnis yang mencatat visi dan misi saja. Lebih jauh, model bisnis membantu Anda menciptakan cara mendapatkan profit.

Dengan menentukan model bisnis yang tepat, maka bisnis yang dibangun akan memiliki tujuan yang jelas. Anda jadi tahu siapa saja konsumen yang menjadi target pasar Anda dan bagaimana proses bisnis harus dilakukan.

Indra Kurniawan, Section Head of Entrepreneurship dan Incubator Program Universitas Bina Nusantara mengatakan, model bisnis dapat membuat usaha lebih terarah mengenai bagaimana, di mana, dan kapan produk yang dihasilkan akan berfungsi dengan maksimal. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan inovasi produk dan Anda bisa fokus mengembangkan dan menekuni dengan satu jenis usaha.

“Kita perlu perhatikan juga bagaimana produk kita berinteraksi dengan konsumen dengan ide yang digunakan hingga pasca pembeliannya,” kata Indra dalam sesi Business Coaching UMKM Academy by Kimia Farma bersama Sahabat UMKM, Jumat (13/11/20).

Dalam mengembangkan sebuah produk dalam bisnis memang membutuhkan strategi yang tepat. Model bisnis yang dirancang dalam menjalankan usaha dapat membantu menentukan strategi produksi, pemasaran, serta inovasi produk.

Indra Kurniawan dalam sesi Business Coaching UMKM Academy by Kimia Farma bersama Sahabat UMKM, Jumat (13/11/20). (Foto: Sahabat UMKM)

Indra menjabarkan inovasi produk dilakukan sebagai upaya para pelaku usaha untuk memperbaiki, meningkatkan, serta mengembangkan bisnis. Inovasi pada suatu produk bisa terjadi karena beberapa hal misalnya adanya feedback dari konsumen, kombinasi hal yang sebelumnya sudah ada, hingga penemuan baru. Produk yang dikembangkan tidak selalu dalam bentuk barang, tetapi bisa berupa peningkatan pelayanan.

Melakukan inovasi dalam produk juga merupakan salah satu strategi untuk menaikan omzet penjualan dan cara lain dalam memberikan nilai lebih kepada pelanggan.

Ketika merencanakan model bisnis, pelaku usaha belum bertemu dan berinteraksi langsung dengan konsumen yang akan membeli produk atau jasanya. Sehingga mereka belum mengetahui apakah model bisnis tersebut dapat menyelesaikan masalah pelanggan atau tidak. Untuk alasan tersebut, pelaku usaha selalu perlu meninggalkan sedikit ruang untuk berinovasi seiring dengan perkembangan usahanya.