Jakarta, MNEWS.co.id – Branding merupakan salah satu hal penting yang harus dibangun oleh sebuah bisnis khususnya di era new normal saat ini. Sebuah brand yang kuat dapat dengan mudah dikenal oleh konsumennya sehingga banyaknya pesaing tidak akan mempengaruhi jika mereknya sudah kuat.
Brand sendiri dapat menjadi identitas diri yang membedakan antara sesama manusia, produk, dan lainnya. Sedangkan branding adalah kegiatan komunikasi, memperkuat, mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberikan persfektif kepada konsumen yang melihatnya.
Garniasih, Brand Strategist LAB/ID mengatakan pelaku usaha harus memahami peranan branding sebagai penyangga kegiatan marketing agar brand usahanya dapat berhasil dibangun secara unik.
Banyak upaya yang dilakukan untuk dapat memperkaya serta memperkenalkan brand kepada konsumen. Namun tidak sedikit pelaku usaha yang terkadang lupa untuk memelihara dan menjaga konsistensi dari brand yang dimiliki sebagai investasi masa depan. Padahal memperkaya brand merupakan aset yang sangat penting karena merupakan jati diri sebuah bisnis.
Salah satu ciri bisnis yang dapat bertahan lama adalah mempertahankan konsistensi brand berupa warna, ide, desain logo, gaya bahasa, dan lainnya. Perpaduan yang ditemukan pada sebuah brand akan membentuk persepsi positif dalam pikiran masyarakat, selain itu hal ini akan membuat bisnis lebih mudah diingat. Oleh karena itu, memperkuat tujuan hidup dari brand sangatlah penting sebagai panduan untuk mengembangkan produk.
Garniasih menambahkan pentingnya emotional brand yang dapat diterapkan para pelaku usaha untuk menghubungkan merek dengan emosi (perasaan). Hal ini juga mampu membedakan merek usaha Anda dengan kompetitor.
Strategi ini dilakukan dengan berusaha menargetkan aspek emosional konsumen dan mengaitkan brand dengan mereka. Dengan cara ini, konsumen akan merasa dekat dengan brand Anda dan menghubungkan dirinya dalam produk yang ditawarkan.
Dalam memberdayakan brand, pelaku usaha juga perlu untuk memetakan merek dari kompetitor agar produk yang dikemas berbeda dari yang lainnya. Memetakan kompetitor memang menjadi sangat penting dan memberikan banyak manfaat bagi sebuah brand. Karena para pelaku usaha menjadi tahu di mana posisi brand saat ini dibandingkan kompetitor.
“Metain kompetitor yang punya penawaran serupa sama kita adalah langkah penting,” katanya dalam sesi Business Coaching UMKM Academy by Kimia Farma bersama Sahabat UMKM, Rabu (11/11/20).
Di dalam sebuah bisnis, mengenal dan mengidentifikasi kompetitor adalah hal yang lumrah dilakukan. Bukan hanya itu, ketika brand dapat melakukan pemetaan terhadap kompetitor secara benar, maka akan memberikan beberapa keuntungan. Misalnya membuat pelaku usaha jadi dapat lebih mengembangkan business plan, dapat melihat usaha dengan lebih realistis, sampai mengetahui kelemahan yang dijalankan serta memahami apa yang perlu diperbaiki.