Langkah Efektif Promosi Usaha agar Viral di TikTok
Langkah Efektif Promosi Usaha agar Viral di TikTok. (Foto: Moka)

Jakarta, MNEWS.co.id – Di tahun 2020 ini, TikTok, sebuah media sosial asal Tiongkok telah banyak merebut perhatian netizen di seluruh dunia. TikTok lebih banyak digunakan oleh para Gen Z atau generasi yang lahir setelah tahun 1996 hingga tahun 2010.

Sebelum membahas langkah promosi di media sosial yang satu ini, ada baiknya Anda berkenalan dahulu dengan platform yang satu ini. TikTok merupakan salah satu media sosial dengan pertumbuhan yang paling cepat di dunia. Monthly Active User TikTok bahkan diestimasi mencapai 800 juta user setiap bulannya. Dengan TikTok, Anda dapat membuat video dengan musik, filter, dan beberapa fitur lainnya dengan durasi 15 detik.

TikTok banyak menarik perhatian para netizen karena platform ini bukan hanya sekadar media sosial yang menyajikan hiburan saja, tetapi juga gaya hidup yang dikemas dengan kreativitas, passion, pengetahuan dengan hanya sebuah jepretan lewat smartphone. 

Selain itu, di TikTok setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk muncul di halaman For You Page atau yang dikenal dengan FYP. Ini merupakan fitur yang memungkinkan setiap orang menonton video dari user lainnya yang direkomendasikan untuk mereka. 

Untuk muncul di FYP user lainnya, tentu Anda harus membuat konten promosi bisnis semenarik mungkin sehingga dapat mengundang viewers dan likers dari user lainnya. Lalu, konten TikTok seperti apa yang cocok untuk dijadikan media promosi usaha Anda? Simak ulasan lengkap berikut yang telah kami rangkum dari Moka.

Video Tutorial
Jika Anda berpikir bahwa video tutorial hanya dapat digunakan untuk konten-konten di ranah kecantikan saja, pikiran ini kurang tepat. Konten dengan tema tutorial dapat Anda gunakan bahkan jika bisnis Anda ada bergerak di sektor kuliner, bahkan di bidang kesehatan.

Video tutorial dapat memudahkan Anda dalam membuat konten-konten yang sifatnya soft selling. Kelebihan dari jenis konten ini adalah Anda dapat mempromosikan produk secara halus dan praktis. Konten ini juga banyak diminati oleh para pengguna TikTok.

Melakukan Review Produk dengan Berkolaborasi Bersama Influencer
Untuk memberikan gambaran yang lengkap dan detail untuk target pasar Anda, mengenai produk maupun jasa yang Anda tawarkan, mengunggah konten ulasan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Untuk membuat konten yang Anda unggah menjadi efektif dalam menyasar target pasar, Anda dapat mengombinasikannya dengan pemasaran menggunakan influencer media sosialSeperti namanya, influencer memiliki pengaruh yang besar di media sosial untuk menggerakkan followers-nya. Dengan begini jangkauan produk yang Anda promosikan dapat diperluas sesuai dengan kualifikasi influencer yang Anda ajak bekerja sama. 

Story Telling
Konten story telling juga merupakan salah satu jenis konten yang banyak menyedot perhatian para pengguna TikTok. Untuk membuat konten ini berhasil, pastikan Anda memiliki inti cerita yang kuat yang akan disampaikan dalam durasi yang singkat. Tidak harus dalam format yang formal, Anda dapat menggunakan cerita humor, drama bahkan hingga horor untuk mempromosikan bisnis Anda.

Pastikan Anda sudah menggunakan judul yang dapat menjadi stopping point bagi pengguna TikTok. Judul yang Anda gunakan sebaiknya ringkas dan dan padat. Anda juga bisa mengemasnya dengan backsound yang dapat mendukung cerita Anda. Untuk materi promosinya sendiri Anda dapat menyisipkannya di tengah cerita maupun di akhir cerita. Konten jenis ini juga cocok untuk promosi dengan pendekatan soft selling. 

Mengikuti Tren yang Ada
Istilah ini juga seringkali dikenal dengan “riding the wave”. Mengikuti tren yang sedang berkembang dapat dilakukan dengan cara memberikan komentar Anda tentang fenomena tersebut. Jika tren yang sedang berjalan adalah tren musik, film maupun lifestyle Anda bisa mencoba mencari celah dari hal-hal tersebut untuk kemudian disisipkan pesan mengenai bisnis yang Anda.

Salah satu contoh yang saat ini sedang marak diperbincangkan misalnya tentang booming-nya serial drama Korea Start-Up. Banyak wirausaha yang berusaha menggunakan Start-Up sebagai pendekatan untuk memasarkan produknya yang bisa diaplikasikan pada beberapa hal seperti jenis pakaian yang digunakan para cast, makanan yang muncul di serial drama Start-Up, pengaplikasian riasan wajah a la cast Start-Up, dan lain sebagainya.

Membuat Challenge dengan Menggunakan Hashtag Tertentu
Tidak harus selalu mengikuti tren yang sedang berkembang, Anda juga bisa membuat “ombak” Anda sendiri dan mempopulerkannya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat sebuah challenge di TikTok. Challenge yang dapat Anda buat juga bisa beragam jenisnya. Anda bisa membuat challenge yang secara langsung mempromosikan bisnis Anda atau  sebaliknya.

Dance challenge misalnya, tantangan ini merupakan salah satu jenis konten yang menarik dan banyak diikuti oleh pengguna TikTok. Untuk membuat challenge Anda viral, anda dapat memanfaatkan fitur hashtag atau tagar agar pengguna lain menjadi semakin mudah mencari konten yang berkaitan dengan challenge yang Anda buat.

Anda tidak perlu takut challenge ini dapat merusak brand image yang Anda bangun. Salah satu triknya adalah dengan orisinalitas. Selain itu, pastikan Anda sendiri menikmati proses pembuatan konten ini agar energi positif yang Anda miliki dapat dirasakan juga oleh pengguna lainnya.

Buat Kontes Menarik untuk Pengguna TikTok
Selanjutnya, Anda bisa membuat kontes untuk para pengguna. Jenis konten ini bisa dibilang dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bisnis. Misalnya saja jika bisnis Anda bergerak pada bidang fashion, kontes mix and match akan sangat menarik jika diaplikasikan, atau jika bisnis Anda ada di bidang kosmetik, kontes beauty tutorial akan banyak diminati oleh para pengguna. 

Konten yang berbasi User-Generated Content (UGC) tidak hanya dapat membuat bisnis Anda mendapat banyak exposure, tetapi juga dapat meningkatkan kredibilitas dan rasa percaya pada pengguna. Apalagi jika konten ini juga diikuti oleh para kreator yang sudah memiliki reputasi yang baik di kalangan anak muda. Secara tidak langsung konten seperti ini juga dapat menghemat biaya produksi konten dan waktu untuk mempromosikan bisnis Anda. Menarik, bukan?

Konten Perayaan atau Memperingati Hari-hari Penting
Untuk menarik perhatian para pengguna TikTok, Anda sebaiknya tidak hanya memanfaatkan akun TikTok Anda hanya untuk tujuan promosi produk saja. Keaktifan dalam mengunggah konten juga dapat mempengaruhi kredibilitas dan keterikatan bisnis Anda dengan audiens. Salah satu cara yang bisa Anda aplikasikan adalah dengan membuat unggahan sesuai dengan hari-hari penting di dalam negeri maupun dunia.

Anda bisa mengunggah konten yang berkaitan dengan hari kemerdekaan di bulan Agustus atau yang berkaitan dengan tema women empowerment di tanggal 8 Maret untuk memperingati International Women’s Day.

Untuk itu, pastikan bisnis Anda selalu tanggap dengan event maupun hari-hari penting yang akan datang, terutama hari-hari yang berkaitan langsung dengan produk maupun bisnis Anda. Dengan begini Anda dapat terus mempertemukan konten Anda dengan minat audiens.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here