Ilustrasi usaha kopi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan salah satu brand kopi kekinian, yaitu Kopi Kenangan. Dengan strategi bisnis yang dijalani Kopi Kenangan membuat namanya melejit di tengah tren minuman kopi susu di Tanah Air.

Bahkan, Kopi Kenangan belum lama ini meraih gelar Brand of The Year untuk kategori Peritel Kafe di ajang penghargaan World Branding Awards ke-14, sekaligus menandakan penghargaan kedua kalinya secara berturut-turut.

Menarik untuk diketahui bagaimana Kopi Kenangan menjalankan bisnisnya hingga meraih gelar Brand of The Year untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Dikutip dari iNews, berikut trik bisnis ala Kopi Kenangan:

1. Memilih nama brand yang kuat

Pemilihan nama brand Kopi Kenangan tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Kata ‘kenangan’ itu memiliki makna mendalam, ditambah nama-nama menu yang unik, seperti kopi kenangan mantan, kopi kenangan masa lalu, dan kopi mantan menikah.

Dengan nama brand yang mudah diingat masyarakat tentunya bisa menciptakan merek yang familiar dan mudah diingat bagi konsumen Kopi Kenangan hingga bisa meraih gelar Brand of The Year.

2. Mengutamakan kualitas produk

Kualitas produk menjadi prioritas utama bagi Kopi Kenangan, di mana untuk membuat kopi menggunakan bahan-bahan terpilih dan berkualitas, seperti mesin pengolah kopi terbaik asal Italia.

Untuk bahan baku yang digunakan, Kopi Kenangan menggunakan kopi terbaik dan susu kualitas premium dari Indonesia, sehingga kualitas produknya bisa bersaing dengan brand lainnya.

3. Harga pas di kantong

Dengan kualitas bahan-bahan yang dimiliki Kopi Kenangan tidak serta merta membuat harganya melambung tinggi seperti kopi premium lainnya. Kopi Kenangan membanderol untuk satu gelas kopinya di kisaran Rp18.000,- hingga Rp42.000,-

Dengan harga yang pas di kantong membuat Kopi Kenangan memiliki pasar yang luas, karena produknya bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

4. Terus berinovasi

Meskipun bisnis kopinya laris manis, tidak membuat Kopi Kenangan berpangku tangan menikmati itu. Hal ini ditandai dengan inovasi yang dilakukan perusahaan dengan mengembangkan bisnis di luar kopi, yaitu produk roti dengan nama Cerita Roti dan bisnis ayam goreng bernama Chigo.

Kehadiran dua produk ini diharapkan dapat melengkapi varian produk dari Kopi Kenangan agar pelanggan tidak jenuh dengan menu kopi saja.

5. Memanfaatkan teknologi

Untuk memberikan layanan kepada pelanggannya, Kopi Kenangan turut memanfaatkan teknologi, seperti mengembangkan mobile apps atau aplikasi untuk melakukan pemesanan. Melalui aplikasi tersebut, pelanggan dapat membuat pesanan dan mengambil pesanannya di gerai. Dengan begitu, penumpukan antrian pembeli bisa dikurangi terutama di saat-saat tertentu.