Ilustrasi. (Foto: freepik.com/author/rawpixel-com)

MNEWS.co.id – Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata ‘deadline‘?

Mungkin yang pertama teringat adalah terkait dengan tugas yang diberikan oleh atasan di tempat kerja atau mungkin paper yang ditugaskan oleh dosen di kampus.

Tapi tahukah kamu jika dalam dunia usaha, ternyata deadline atau tenggat waktu itu penting untuk dimiliki lho oleh seorang pelaku UMKM!

Memiliki deadline dapat membantu pelaku UMKM untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam berbisnis.

Deadline atau tenggat waktu yang telah ditentukan juga membantu pelaku UMKM untuk mengetahui mana tujuan yang harus dicapai dan diselesaikan terlebih dahulu.

Mengapa penting bagi pelaku UMKM untuk memiliki deadline? Yuk, simak beberapa alasannya yang telah kami rangkum dari Stellar Women berikut ini.

Deadline Jadi Reminder untuk Pelaku UMKM Akan Tujuan
Adanya deadline membuat pelaku UMKM lebih kritis terhadap tindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan. Hal ini bisa membuat pelaku UMKM lebih bertanggung jawab dalam berbisnis.

Menghilangkan Rasa Malas
Menetapkan deadline cenderung mendorong orang untuk bekerja keras. Bahkan saat sedang diserang rasa malas, secara psikologis kita akan cenderung untuk berusaha memenuhi deadline tersebut.

Adanya deadline membuat kebiasaan malas hilang dan tergantikan dengan motivasi.

Paham Prioritas
Deadline membuat seorang pelaku UMKM bisa membuat list prioritas dan mengerjakan sesuatu sesuai urutan kepentingannya. Dengan begitu, mereka akan lebih fokus mengerjakan hal-hal yang mendekatkan dirinya dengan tujuan bisnis.

Cepat Meraih Kesuksesan
Apabila seorang pelaku UMKM dapat memenuhi tenggat waktu yang sudah ditentukan sendiri, maka kesuksesan akan semakin dekat. Menurut penulis Brian Tracy, menetapkan tenggat waktu bisa meningkatkan kemungkinan sukses sebanyak 11,5 kali.

Nah, itulah beberapa alasan pentingnya bagi pelaku UMKM untuk memiliki deadline dalam menjalankan usaha.

Bagaimana, sudah siap untuk menentukan deadlinemu sendiri dalam menjalankan usaha?