Jakarta, MNEWS.co.id – Dibutuhkan strategi yang mumpuni agar para pegiat UMKM lokal dapat mempertahankan bahkan meningkatkan omzet usahanya.
Berikut ini adalah lima cara untuk mempertahankan hingga meningkatkan omzet pagi pelaku UMKM yang dibagikan oleh Tokopedia. Yuk, disimak!
1. Evaluasi dan Analisis Pasar
Sebagai penjual, pelaku UMKM perlu melakukan evaluasi dan menganalisa kondisi pasar, baik online maupun offline. Jika melakukan penjualan melalui toko online seperti di Tokopedia, maka pelaku UMKM bisa memanfaatkan fitur Statistik Toko di aplikasi Tokopedia Seller. Melalui fitur ini, penjual bisa mempelajari berbagai data penting, seperti pendapatan bersih, estimasi pengeluaran, tren pesanan dan berbagai data penting lain untuk membuat hingga meningkatkan strategi penjualan.
2. Manfaatkan Fitur Iklan Otomatis
Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Hal ini akan membantu penjual menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.
3. Pertajam Strategi Promo
Pegiat UMKM dapat memberikan promo kepada pelanggan untuk mendorong peningkatan transaksi. Bundling produk dan potongan harga pun bisa menjadi pilihan.
Penjual juga dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir agar pembeli tidak perlu khawatir mengenai biaya pengiriman.
4. Manfaatkan Gudang Pintar
Pegiat UMKM dapat menitipkan produknya di gudang-gudang pintar “Dilayani Tokopedia” yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia untuk menjangkau pasar lebih luas.
5. Pilih Pengiriman yang Sesuai
Didukung oleh sejumlah mitra strategis, Tokopedia menyediakan tiga jenis layanan pengiriman pesanan, yang bisa dipilih pegiat usaha sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.
Dengan strategi yang tepat, pegiat UMKM dapat mempertahankan bahkan meningkatkan omzet usahanya. Yang penting, mencoba dan mengevaluasi setiap strategi sehingga pegiat UMKM dapat menemukan cara yang paling tepat untuk meningkatkan omzet usahanya.