Ide Usaha: Cara Memulai Bisnis Rice Bowl Kekinian
Ilustrasi Rice Bowl. (Foto: Qraved)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bisnis kuliner terus mengalami perkembangan dan pergerakan dari waktu ke waktu. Tren bisnis kuliner juga mengalami perubahan yang cukup dinamis. Bagaimana tidak, setiap pelaku usaha kuliner selalu berlomba-lomba melakukan inovasi untuk memberikan hal berbeda kepada konsumen.

Salah satu tren usaha kuliner yang sedang marak digandrungi adalah bisnis rice bowl. Di tengah kesibukan masyarakat, rice bowl hadir sebagai solusi makanan yang praktis, mengenyangkan, dan mudah disantap dimana pun, kapan pun.

Biasanya, makanan ini dikemas dengan dalam kemasan mangkuk berupa paper cup atau box kecil, dengan isian nasi yang dipadankan dengan beragam lauk. Mulai dari menu tradisional hingga internasional.

Hal lain yang membuat bisnis rice bowl memiliki banyak peminat adalah karena jenis makanan ini tidak tergolong ke dalam fast food dan diolah secara langsung fresh from the oven.

Apakah Anda tertarik untuk mulai menjalani bisnis rice bowl? Simak beberapa cara berikut yang dapat membantu Anda dalam memulai bisnis rice bowl yang kami sadur dari KoinWorks.

Buatlah Konsep dan Branding Usaha yang Berbeda
Menu rice bowl sangatlah bervariasi, mulai dari lauk-pauk tradisional, oriental hingga western. Maka dari itu, agar produk memiliki identitas brand yang baik, maka terlebih dahulu harus menentukan konsep.

Apakah produk rice bowl Anda menawarkan konsep menu masakan indonesia? Atau menu masakan fusion yang berisi campuran Indonesia dan makanan asing?

Kalau bisa, buat konsep yang terkerucut atau spesifik, agar branding produk menjadi lebih jelas dan berbeda dengan lainnya. Tidak lupa setelah itu tentukan nama brand dan buatlah logo.

Dua hal ini terbilang penting karena Anda harus membuatnya mudah didengar dan dilihat oleh konsumen. Selain itu, Anda juga harus membuat konsep kemasan yang sesuai dengan brand. Karena selain kualitas dari masakan itu sendiri, keputusan pembelian konsumen juga turut dipengaruhi oleh kemasan dari produk.

Pilih kemasan yang aman (food grade) dan anti air agar tidak merusak rasa serta dapat dihangatkan di microwave.

Miliki Ragam Menu Menarik
Buatlah beragam varian menu yang menarik sehingga tidak hanya menawarkan satu jenis menu saja. Hal ini agar konsumen tidak merasa bosan dengan jenis varian produk yang ditawarkan.

Ketika memulai bisnis rice bowl, berikan minimal 3 varian menu untuk ditawarkan kepada calon konsumen.

Di sinilah letak tantangannya, ketika pelaku usaha dituntut untuk berkreasi sekreatif mungkin agar menu yang dijual menjadi menarik dan menonjol dari produk rice bowl lain yang ada di pasaran.

Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis rice bowl dengan konsep lokal, maka variasi lauk yang bisa dipilih antara lain seperti ayam suwir balado, ayam kremes, cumi tumis, rendang, atau ayam geprek.

Gunakan Nasi Berkualitas Baik
Ketika produk utama yang dijual adalah rice bowl, tentu perihal nasi harus diperhatikan secara teliti dan hati-hati. Kita harus jeli dalam memilih beras yang berkualitas tinggi.

Pastikan beras yang kamu pilih akan menghasilkan nasi yang ada pada menu lebih pulen dan juga enak dibandingkan produk sejenis yang ada di pasaran.

Tentukan Harga Jual yang Tepat
Selanjutnya adalah menentukan harga jual yang tepat karena hal ini menjadi salah satu faktor keberhasilan bisnis.

Tentukan harga yang sebanding dengan kualitas, bahan baku yang digunakan, serta target pasar yang dituju. Amati juga rata-rata harga yang diberikan oleh kompetitor Anda untuk dijadikan acuan.

Tarik Perhatian Pelanggan Melalui PemasaranOnline dan Promo Menarik
Cara terakhir supaya bisnis rice bowl kamu sukses, tentu dengan melakukan promosi secara online atau media sosial.

Manfaatkan strategi online marketing dengan membuat akun di media sosial untuk mempromosikan produk Anda.

Bagi Anda yang memang baru memulai usaha ini, sistem pre-order bisa dijadikan strategi untuk memastikan pembelian bahan baku yang sesuai dengan jumlah pesanan. Dengan sistem ini, Anda bisa membuat rice bowl tergantung dari permintaan konsumen sehingga jadi kerugian di awal memulai usaha pun bisa diminimalisir.

Jika usaha sudah berkembang dan Anda sudah memiliki sistem yang terorganisir dalam menangani pesanan, ekspansi usaha dapat mulai dilakukan dengan memanfaatkan beragam aplikasi delivery order online.

Itulah beberapa cara yang dapat diterapkan jika Anda ingin mencoba memulai bisnis rice bowl. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam menjalankan usaha.