Jakarta, MNEWS.co.id – Waktu rasanya begitu cepat berlalu, tanpa terasa kita sudah akan memasuki kuartal terakhir tahun 2021. Sejak tahun lalu, kita semua berjuang bersama menghadapi pandemi COVID-19 yang sampai saat ini pun masih belum berakhir. Kita pun dituntut untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan yang muncul akibat pandemi.
Salah satu perubahan yang cukup signifikan dirasakan adalah cara transaksi dari yang offline menjadi online. Pembatasan kegiatan masyarakat dan aktivitas kegiatan usaha pelaku UMKM membuat mereka mau tidak mau harus Go Digital untuk dapat terus mempertahankan usaha di masa pandemi.
Dengan pembatasan aktivitas di luar, membuat orang-orang jadi senang belanja cukup dari rumah saja. Pelaku UMKM dapat menggunakan kesempatan ini untuk memaksimalkan penjualan produk dengan memanfaatkan momentum promo event belanja online.
Yuk, catat beberapa event belanja terbaik di Indonesia pada kuartal akhir tahun 2021 yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan.
1. Event Belanja di Hari Gajian (Payday)
Saat gajian tiba, rasanya hampir semua brand ternama, online shop di marketplace, mall, dan supermarket bersaing menawarkan potongan harga menarik.
Promo gajian juga konon katanya dipercaya bisa menghemat banyak pengeluaran karena diskon besar-besaran yang ditawarkan sehingga banyak masyarakat jadi tertarik memanfaatkan momentum ini untuk berbelanja.
Sebagai pelaku UMKM, ada baiknya kita juga jangan mau kalah untuk menyiapkan diskon yang menarik sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, kita juga bisa menarik banyak pelanggan baru melalui penjualan di event ini.
Periode: Biasanya berlangsung mulai dari tanggal 25 setiap bulannya hingga awal bulan berikutnya sebelum tanggal 10.
Popularitas: Promo payday sudah bukan rahasia lagi jadi yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Selain itu, hari gajian selalu berhasil meningkatkan daya beli masyarakat.
2. Promo Tanggal Kembar
Pernahkah terpikir kenapa setiap bulan pas tanggal kembar seperti 6.6 (6 Juni), 7.7 (7 Juli), atau 8.8 (8 Agustus) selalu ada diskon besar-besaran di e-commerce?
Nah, cara ini digunakan banyak e-commerce Indonesia sebagai sarana promosi untuk menarik lebih banyak pembeli. Dengan memakai tanggal kembar setiap bulannya, jadi lebih mudah buat diingat oleh pembeli. Hal ini cocok dengan kebiasaan pembeli Indonesia. Kenapa? Percaya atau tidak, masyarakat indonesia itu dikenal sebagai ‘tukang belanja’.
Dikutip dari CNBC Indonesia, dari data delapan pemain utama e-commerce Indonesia, Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksi mencapai Rp77,766 triliun. Bahkan selama Januari 2019, BI mencatat nilai transaksi sudah mencapai angka Rp8,204 triliun, meningkat 135,8% dibandingkan Januari 2018.
Jadi, ikut berpartisipasi dalam promo event tanggal kembar di setiap bulan adalah cara yang bagus buat diterapkan untuk meningkatkan penjualan kamu.
Periode: Biasanya berlangsung hanya 1 hari setiap tanggal kembar di setiap bulannya.
Popularitas: Promo tanggal kembar juga termasuk jadi hari yang ditunggu-tunggu banyak orang karena banyaknya diskon yang ditawarkan. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM karena meningkatnya daya beli masyarakat saat promo tanggal kembar tiba.
3. Harbolnas
Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 tahun 2020 kemarin berhasil mencatat nilai transaksi sebesar Rp11,6 triliun!
Profil konsumen Harbolnas secara usia ternyata juga sangat variatif. Berdasarkan data dari money.kompas.com, ada sebanyak 36% konsumen yang berusia 15-24 tahun, 34% berusia 25-34 tahun dan 19% berusia 35-44 tahun. Dari beberapa aspek tersebut, dapat kita tarik data bahwa Harbolnas adalah salah satu event belanja yang sangat diminati masyarakat Indonesia.
Menurut zyro.com/id ada tiga kategori produk teratas yang kemungkinan akan laku keras hingga akhir 2021, yaitu perlengkapan bayi dan anak, alat dan aksesoris elektronik, dan perlengkapan hewan peliharaan.
Berangkat dari informasi-informasi tersebut, pelaku UMKM dapat memanfaatkan momentum Harbolnas dengan memberikan promo menarik seperti potongan harga atau paket bundling untuk mendongkrak penjualan. Selain itu, marketplace juga pasti akan memberikan banyak promo khusus untuk pembeli. Jadi, ini saat yang tepat buat memaksimalkan penjualan produk kamu melalui marketplace di momen Harbolnas.
Periode: Harbolnas akan diadakan pada 12 Desember 2021.
Popularitas: Menjual produk di Harbolnas merupakan momentum yang tidak boleh dilewatkan, karena banyak orang yang memang sengaja menunggu dan berencana untuk berbelanja di event akhir tahun yang satu ini.
4. Natal dan Tahun Baru
Natal dan Tahun Baru punya beberapa persamaan. Salah satunya, waktu di mana kebutuhan banyak orang meningkat. Mulai dari bahan makanan buat pribadi, sampai kirim-kirim hampers untuk kerabat seperti tren belanja yang umum terjadi dalam momen Hari Raya Ramadan.
Bagi pelaku UMKM yang menjalankan bisnis kreatif atau makanan dan minuman, Natal dan Tahun Baru adalah momen yang tepat buat kamu memaksimalkan penjualan. Hal ini karena dalam event ini, aneka produk seperti kartu ucapan, hiasan natal, souvenir, serta kue kering akan meningkat permintaannya.
Selain dapat meningkatkan penjualan, pelaku UMKM juga dapat memaksimalkan engagement ke pelanggan, misalnya dengan memberikan kartu ucapan spesial di setiap produk.
Periode: Biasanya berlangsung awal hingga akhir bulan Desember.
Popularitas: Momen Natal dan Tahun Baru yang berdekatan dapat menjadi momentum bagi pelaku UMKM untuk bisa meraup banyak keuntungan jika benar-benar mengikuti keinginan pasar dan memberikan strategi promosi yang tepat.
Nah, sekarang teman-teman pelaku UMKM sudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memaksimalkan bisnis dengan memanfaatkan beberapa momentum event belanja terbaik di Indonesia pada kuartal akhir tahun 2021.
Semoga event-event belanja tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk meningkatkan penjualan.