Dulkhafid dan Suyatmi, pelaku UMKM yang terdampak akibat pandemi yang mendapat bantuan melalui Humanesia. (Foto:Dompet Dhuafa)

Jakarta, MNEWS.co.id – Berbagi kebaikan adalah sesuatu yang dibutuhkan di tengah hantaman pandemi seperti sekarang ini. Nggak hanya berjalan sendiri-sendiri, situasi yang serba tidak pasti seperti sekarang membuat masyarakat perlu bergotong royong dan saling peduli dengan sesama agar bisa survive dan bangkit kembali.

Hal inilah yang menjadi latar belakang Dompet Dhuafa dalam menyebarkan semangat Humanesia dengan tajuk #BersamaUntukSesama. Tujuannya adalah untuk menyebarkan semangat saling membantu melalui nilai-nilai kebaikan secara bersama-sama tanpa melihat batasan.

Pada Humanesia 2020 ini, Dompet Dhuafa memiliki 3 program andalan seperti Para Tangan Tangguh, Kado Akhir Tahun, dan Indonesia Siap Siaga.

Salah satu bentuk program kebaikan tersebut dalam memberikan bantuan pendampingan kepada pelaku UMKM bersama Adira Insurance Syariah yang bernama “Penguatan UMKM di Masa Pandemi” dengan menyasar pelaku UMKM yang terhenti usahanya akibat pandemi Covid-19 di Indonesia. Humanesia hadir sebagai gerakan dengan berbagai rangkaian kegiatan dan program yang mengajak kepedulian seluruh masyarakat, untuk terlibat dalam aksi kali ini

Hal ini di rasakan oleh pasangan suami-istri Dulkhafid dan Suyatmi selaku penjual mi ayam yang merupakan anggota koperasi STF Dompet Dhuafa Semarang dan penerima manfaat program ini. Ia menuturkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh para donatur Dompet Dhuafa. Dengan merabaknya pandemi Covid-19, masih banyak pihak yang peduli terhadap masyarakat dhuafa.

“Dengan adanya Covid-19 kita harus melakukan adaptasi, seperti sekarang kami untuk menutupi dan menambah penghasilan beberapa pabrik atau tempat berlangganan mi ayam dari kami. Buka dari pagi hingga malam,” ucap Dulkhafid dikutip dari Liputan 6.

Dompet Dhuafa juga menghadirkan ragam program lain seperti ‘Para Tangan Tangguh’ berupa bantuan modal usaha untuk menguatkan lini keluarga dan bagi mereka yang terdampak Corona. Kemudian ‘Program Program Tangan Tangguh memberikan  bantuan modal usaha untuk menguatkan lini keluarga dan bagi mereka yang terdampak Corona.

Kado Akhir Tahun’ yang di kemas oleh Dompet Dhuafa menjadi bingkisan terindah bagi anak yatim yang masih kesulitan dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat masa pandemi Covid-19. Selain itu ada juga kesiap-siagaan dalam respon kemanusiaan dan kebencanaan yang dikemas dalam campaign ‘Indonesia Siap Siaga’ sebagai langkah antisipasi maupun respon cepat dari peristiwa di Indonesia maupun Mancanegara.

Dompet Dhuafa terus menyalurkan bantuan kepada pelaku UMKM yang terjepit ekonomi atas dampak panjang Corona. Program keluarga tangguh telah hadir di wilayah Jabodetabek, Kediri, Malang, Probolinggo dan Sidoarjo, serta berbagai wilayah jangkauan Zona Layanan Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia. Sejumlah UMKM di bidang kuliner (warung), warung ritel dan industri rumah tangga telah merasakan manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here