(Image: mtdsalestraining.com)
(Image: mtdsalestraining.com)

MNEWS.co.id – Bagi yang tertarik menggeluti dunia kewirausahaan, ini saatnya bagi kamu untuk belajar lebih dalam lagi. Kamu bisa memanfaatkan YouTube untuk memperkaya diri dengan beragam ilmu soal perencanaan keuangan, pemilihan investasi, persiapan dana pensiun, pembuatan startup, dan masih banyak lagi.

Yang pasti, selain tidak perlu merogoh kocek yang dalam, belajar soal bisnis dan investasi akan lebih asyik jika menonton kanal YouTube di bawah ini.

1. SuccessBefore30


Usianya terbilang muda, tapi keberaniannya memulai bisnis sendiri patut diacungi jempol. Dengan belajar bisnis lewat channel YouTube-nya, Rico mencoba membagikan kisah sukses para pebisnis lain guna memberikan insight dan inspirasi terkait pengelolaan bisnis yang digeluti.

Selain itu, Rico Huang juga membahas mengenai tips dan ide jualan yang dapat dilakukan secara online.

Yang menarik, Rico tidak akan membiarkan para penonton merasa bosan ketika tengah menonton video-videonya. Apalagi, durasi tiap video rata-rata 30 menit. Rico mengandalkan editan berunsur komedi untuk membuat menjadikan sharing ilmu ini menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan.

3. TEDx Talks atau TED


Selain belajar dari pebisnis lokal, Anda juga bisa mencuri ilmu dari orang-orang sukses di luar negeri. Channel yang bisa diikuti ialah TEDx Talks atau TED.

Akun yang mengkurasi berbagai topik dan bahasan dari para pemimpin dunia ini sangat bagus ditonton para pegiat bisnis untuk mendapatkan insight terkait berbagai isu di belahan dunia.

Salah satu video inspiratif yang bisa Anda tonton ialah “The single biggest reason why startups succeed” yang dibawakan oleh Bill Gross atau “How to speak so that people want to listen” oleh Julian Treasure.

4. Komunitas Sahabat UMKM

Selain menambah ilmu, belajar bersama dalam sebuah komunitas dapat memperluas networking kamu dengan orang-orang yang memiliki kesamaan minat.

Salah satu komunitas pelaku usaha yang ada di Indonesia adalah Sahabat UMKM. Melalui kanal Youtube-nya, Sahabat UMKM membagikan ilmu dalam melalui sesi Kelas Komunitas Live yang dapat diakses oleh para pelaku usaha atau kamu yang tertarik untuk mulai merintis menjadi seorang entrepreneur.

Beragam topik terkait pengembangan usaha bisa kamu temukan dalam kanal Youtube Sahabat UMKM dengan materi-materi yang disajikan oleh para pakar di bidangnya.

5. Eka Dewa Prayoga

Kanal Youtube Eka Dewa Prayoga sudah dikenal sejak lama karena konsisten menghadirkan konten yang sangat menarik terutama mengenai Pemasaran Digital.

Selain mengenai Digital Marketing, tak jarang channel Eka Dewa Prayoga juga menghadirkan tokoh entrepreneur sukses yang layak dijadikan Inspirasi.

Itulah beberapa channel untuk belajar bisnis lewat Youtube yang bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari lebih lanjut soal bisnis dan investasi. Tentunya, ilmu yang didapatkan dari channel YouTube di atas akan berlalu begitu saja jika Anda tidak menerapkannya di kehidupan nyata.

Comments are closed.